Awal Mula Penggunaan Road Barrier Beton dan Macam-macamnya

Road barrier merupakan sebuah komponen atau alat yang berfungsi untuk membagi batasan-batasan para pengguna jalan. Sehingga wajar jika keberadaan road barrier sangat umum ditemukan pada jalan-jalan alternatif dan jalan utama. Sebuah kemacetan yang padat kini dapat diatasi dengan menggunakan road barrier yang dipasang sesuai dengan prosedur pihak Kepolisian atau dinas dinas terkait.

Lebih dari itu, road barrier juga mampu menjadi pemberi arah para pengguna jalan, sehingga mereka lebih was-was terhadap jalan manakah yang berhak untuk dilalui dan tidak. Dalam penggunaannya, tidak heran jika road barrier seringkali terkena hantaman dari kendaraan kecil maupun besar. Untuk itu diperlukan sebuah komposisi material yang kuat dan tidak mudah rapuh, seperti halnya semen yang telah di cor dengan cetakan.

Cikal Bakal Road Barrier Beton

Evolution in traffic innovation atau singkatan dari ETI, merupakan salah satu pihak yang menjadi pelopor pembatas jalan atau road barrier. Tujuan dari adanya road barrier tersebut adalah untuk meningkatkan keamanan para pengendara. Karena sejatinya road barrier begitu diperlukan dalam kasus-kasus, seperti halnya kemacetan atau ketika perbaikan jalan tengah dilakukan. Kemudian berkembang road barrier dengan material-material yang berbeda, sesuai kebutuhan penggunanya.

Namun penggunaan material beton adalah salah satu bahan baku yang paling banyak digunakan saat itu. Karena tingkat kekuatannya yang lebih terjamin dan perawatan yang lebih mudah. Dari segi penampilan road barrier, desain yang paling banyak dijumpai adalah berbentuk persegi panjang yang mana bagian bawahnya cenderung lebih melebar daripada bagian atasnya. Saat ini telah tersedia road barrier dengan spesifikasi yang beragam yang dapat disesuaikan dengan tingkat kebutuhan suatu proyek infrastruktur.

Pihak-pihak yang paling sering road barrier ini adalah polri dan dishub. Khusus pada petugas kepolisian yang langsung turun tangan apabila kemacetan telah terjadi. Maka dibutuhkan sebuah pembatas jalan atau road barrier beton untuk memberi batasan pengguna jalan yang akan melewati.

Pada road barrier, umumnya terdapat sebuah lubang yang nantinya akan bisa dihubungkan dengan road barrier lain. Jika antara road barrier satu bersambung dengan road barrier yang lain maka terbentuklah sebuah barikade yang kokoh dan tidak dapat ditelepon oleh pengguna jalan yang lain. Penggunaan barikade inilah yang nantinya akan berfungsi untuk mengurangi angka kemacetan atau kecelakaan dari pihak-pihak pengguna jalan yang akan melintas.

Lantas bagaimana dengan road barrier plastik dan fiber? Pada kedua jenis road barrier tersebut umumnya memiliki tingkat kekuatan yang masih lebih rendah daripada road barrier beton. Makan apel lebih menguatkannya dibutuhkan material air dan pasir sebagai pemberat tambahan. Jika sudah diterapkan maka road barrier menjadi tidak akan mudah bergeser bahkan malah roboh ketika terkena hantaman atau tabrakan dari pihak pengendara yang ceroboh.

Berbeda halnya jika Anda menggunakan road barrier material beton, dimana tingkat kekuatannya sangat teruji dan tidak mudah retak. Anda pun tidak perlu menambahkan material pasir atau air sebagai penambah beban. Sebab bobot dari road barrier beton ini sudah cukup berat, bahkan para pekerja yang ingin memindahkan pun setidaknya membutuhkan alat-alat berat agar prosesnya lebih singkat.

Macam-macam Road Barrier

Dari ulasan di atas, sedikit kita bahas tentang road barrier plastik, beton dan juga fiber. Ketiganya memiliki keunggulan dan fungsi yang sama yaitu sebagai pembatas jalan, akan tetapi perbedaan yang mencolok dari mereka adalah tingkat kekuatan atau keawetannya. Perbedaan tersebut berasal dari komposisi pembuatannya. Berikut ini akan kami ulas ketika road barrier beton secara jelas dan gamblang.

Road Barrier Fiber

Pada road barrier fiber, desain yang ditawarkan cenderung lebih modern atau futuristik. Keunggulan utama yang menjadi ciri khas pada road barrier fiber ini adalah tidak rentan terhadap cuaca dingin dan panas. Tidak heran jika warna yang menempel pada road barrier ini menjadi lebih awet dan tahan lama.

Road Barrier Plastik

Merupakan salah satu jenis road barrier yang paling ringan saat proses pemindahannya. Tak heran jika produk road barrier dari plastik membutuhkan elemen tambahan berupa air atau semen sebagai pemberat agar tidak mudah roboh. Dari sisi kepraktisan, road barrier beton cenderung unggul pada saat proses peletakannya saja. Di luar dari itu, seperti tingkat kekuatannya, maka road barrier plastik ini tidak terlalu direkomendasikan.

Road Barrier Beton

Hingga saat ini penggunaan road barrier beton masih banyak dilakukan pada beberapa jalan utama. Ini dikarenakan road barrier beton memiliki tingkat kekuatan yang jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan kedua jenis road barrier beton sebelumnya. Pada road barrier ini telah ditanamkan sebuah bahan utama berupa cor beton, yang mana memiliki tingkat kekuatan lebih tinggi terhadap ancaman hantaman keras yang menimbulkan keretakan.

Mengintip Proses Produksi Road Barrier Material Beton

Semen merupakan material utama pada pembuatan cor beton. Emangnya road barrier diproduksi pada sebuah pabrik beton precast. Tujuan dari pencetakan tersebut adalah agar volume atau ukuran road barrier tetap seragam dengan kualitas yang masih sama bagusnya. Dengan demikian maka road barrier beton dapat diproduksi secara massal untuk keperluan proyek konstruksi maupun pembangunan infrastruktur lainnya.

Demikian ulasan seputar sejarah dari road barrier beton. Semoga dengan adanya artikel ini, kami dapat mengedukasi anda untuk mengetahui jauh lebih dalam tentang road barrier, khususnya produk road barrier beton. Jika anda tertarik untuk mendapatkan road barrier beton dengan harga terbaik, silahkan hubungi kami di nomor hotline yang sudah kami pasang pada situs ini.

Kami adalah perusahaan ternama PT megacon Bangun Perkasa. Kami telah melayani jangkauan pengiriman hingga ke seluruh wilayah Indonesia. Didukung oleh staf terbaik dan tenaga yang ahli di bidangnya, kami siap menyuguhkan produk-produk dan berkualitas demi keamanan konstruksi atau infrastruktur yang Anda bangun.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *