Awal Mula Box Culvert

Box Culvert merupakan material beton gorong-gorong yang biasanya proses pembuatannya dilakukan pada area pabrik, sehingga Box Culvert ini sering disebut sebagai produk beton pracetak. Saluran ini biasanya dibuat dengan cetakan khusus yang telah dimiliki oleh sebuah pabrik, cetakannya dapat berupa profil bulat ataupun persegi secara terpisah atas serta bawahnya.

Pemanfaatan Box Culvert dalam dunia konstruksi biasanya digunakan untuk kebutuhan saluran air, contohnya seperti irigasi, air hujan, air limbah pabrik, serta air kotoran rumah tangga. Hal ini dikarenakan diproduksi dengan bentuk yang lebih besar dari jenis saluran beton lainnya, Box Culvert bisa dimanfaatkan sebagai prasarana jembatan ukuran kecil maupun saluran bawah rel kereta api.

Alasan Utama Memilih Produk Box Culvert Beton

Masalah yang sering terjadi dalam proses pemasangan sebuah saluran air di area umum yaitu kemacetan. Hal ini menjadikan sebuah para kontraktor bangunan harus merekayasa arus lalu lintas menjadi setengah jalan. Susu mengalirkan arus lalu lintas ke jalan yang lain, tentu Hal ini dapat sangat menghambat aktivitas di area konstruksi tersebut.

Permasalahan seperti ini tentu tidak hanya menghambat sebuah aktivitas masyarakat, namun proses pembangunan juga membutuhkan sebuah waktu yang lebih lama. Pemasangan sebuah Box Culvert yang dilakukan secara konvensional atau menggunakan sebuah metode Jar biasanya dapat menghabiskan waktu minimal 2 bulan.

Namun sekarang ini sudah tersedia produk beton Box Culvert yang dibuat secara pabrikasi atau sering disebut dengan pracetak atau precast. Dimana sebuah materai ini langsung siap dipasang pada lokasi proyek. Jadi dalam proses pematangan Box Culvert tersebut anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu berbulan-bulan. Proses pengerjaan dapat diselesaikan hingga waktu 4 hari saja. Hal ini tentu dapat memberikan banyak manfaat bagi kondisi lingkungan area proyek serta masyarakat.

Pengertian Box Culvert Pracetak

Arti dari kata pradeta sendiri pada umumnya diambil dari kata pra yang berarti sebelum, jadi bisa diambil kesimpulan bahwa material beton ini telah dicetak langsung oleh pabrik dengan sistem yang sudah ditetapkan serta produknya langsung siap dipasang lokasi proyek tanpa perlu adanya proses produksi kembali. Produk ini lebih efisien serta efektif jika dibandingkan dengan beton konvensional seperti dahulu. Dalam proses pemasangannya, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar pengaplikasiannya sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat.

Dalam proses produksi, bahan utama yang biasanya digunakan untuk mencetak produk beton yaitu semen, pasir, bacu atau split, air, dan lain sebagainya. Bahan-bahan tersebut kemudian diaduk menjadi satu di cor serta dituang ke dalam cetakan tertentu sesuai kebutuhan proyek. Pemanfaatan dari sebuah beton konvensional serta beton pracetak tentu tidak mempunyai perbedaan yang signifikan, hanya saja dikarenakan diproduksi secara pabrikasi kualitas mutu beton yang dihasilkan serta beton tersebut tidak mencemari area lingkungan proyek.

Hal ini dikarenakan sudah dibuat langsung dari sebuah pabrik, proses pengerjaan material ini bisa selesai lebih cepat, maka tidak heran jika banyak investor jalan yang memanfaatkan produk produk beton pracetak yang telah dicetak di sebuah pabrik.

Keuntungan Mengaplikasikan Box Culvert Pracetak

Karena telah menerapkan sebuah teknologi cetak yang canggih, pengaplikasian Box Culvert dalam sebuah area proyek ini hanya sebatas pengerjaan, pengecoran lantai kerja, proses finishing terhadap kondisi area proyek. Jadi bisa dipastikan bahwa proses pasangan tidak lagi membutuhkan waktu yang lama. Serta dapat dilaksanakan pada lokasi-lokasi sesuai dengan kebutuhan anda. Bahkan sebelum terjun ke sebuah lokasi proyek, anda bisa melakukan perencanaan terhadap segmen-segmen beton sehingga proses produksinya dapat dilakukan lebih awal, serta jika saatnya tiba hanya perlu melakukan proses pemasangan.

Dalam proses galian serta pengerjaan Box Culvert di lapangan tersebut telah selesai maka beton pracetak dapat dilanjutkan proses rektion yang hanya memakan waktu lebih singkat daripada produksi konvensional. Proyek sebuah saluran yang menggunakan Box Culvert dapat selesai lebih cepat dengan hasil yang lebih optimal.

Tahapan Proses Pemasangan Saluran Box Culvert

Dalam pemasangan sebuah Box Culvert ada tiga tahapan yang harus dilakukan sebelum melakukan pemasangan saluran air Box Culvert, diantaranya yaitu sebagai berikut:

Survei Awal Pekerjaan

Tahapan awal yang perlu Anda lakukan yaitu melakukan survei lokasi untuk mendata kondisi area proyek. Jadi para kontraktor akan mengumpulkan semua data baik berupa foto serta pengukuran kondisi lingkungan pekerjaan.

Proses Pabrikasi Beton Pracetak

Jika sudah mengetahui bagaimana kondisi suatu area proyek, apakah sebuah kontraktor dapat mengetahui Sebesar apa dimensi Box Culvert yang dapat diaplikasikan pada hari ini. Jadi Anda bisa melakukan pemesanan pada pabrik beton untuk mencetak Box Culvert sesuai dimensi serta ukuran yang dibutuhkan lapangan.

Proses Pemasangan Box Culvert

Tahapan yang terakhir yaitu melakukan sebuah proses pemasangan Box Culvert, dimana semua proses pemasangannya telah kami jabarkan diatas. Proses pemasangan Box Culvert ini membutuhkan bantuan alat berat jika satu material beton nya melebihi 5 ton.

Anda juga dapat menggunakan crane untuk mempermudah pengerjaan. Kami merupakan salah satu pabrik beton pracetak terbaik di Indonesia. Jadi jika anda sedang membutuhkan suatu produk Box Culvert, silakan hubungi kami pada kontak yang telah tersedia serta untuk mencari informasi lebih lanjut Anda dapat mengunjungi situs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *