Beton Decking SNI: Fungsi, Tebal, & Cara Membuat

Decking menjadi salah satu unsur dalam konstruksi yang cukup penting. decking ini biasanya lebih mudah diketahui dengan bentuk tahu beton yang dibuat secara silinder ataupun kubus. decking memiliki komponen cukup tebal dengan ukuran 5 cm – 10 cm disesuaikan dengan selimut beton yang dikehendaki.

Beton decking ini dibuat dari sisa kerja pengecoran, dibantu dengan alat cetakan pvc dan diberi kawat bendrat pada bagian dalamnya. Fungsi dari kawat bendrat ini yaitu sebagai alat pengikat pada tulangan beton.

Decking mempunyai dua jenis yaitu plasting decking dan beton decking, plasting ini tentu saja materialnya disusun dari campuran beton dibuat dari bahan plastik yang memiliki ketebalan 3,5 cm. Sedangkan untuk beton decking dibuat dari campuran beton yang memiliki ukuran ketebalan disesuaikan, dengan diameter yang paling kecil 10 cm.

Fungsi dari Decking Beton

Apa fungsi dari pemakaian decking beton? Fungsi utama dari pemakaian decking ini yaitu memastikan jarak antara selimut beton dan pembesian sudah sesuai dengan perencanaan awal. Jika tidak ada decking pada beton, posisi besi bisa turun atau terlalu rapat dengan bagian luar selimut beton. Hal ini tentu saja yang membahayakan karena membuat besi bisa mengembang dan selimut beton akan tetap. Hasil konstruksi tentu saja akan membahayakan.

Adanya decking beton dapat menjaga tulangan dari kontruksi sesuai dengan aturan penulangan pada beton Precast, sehingga kekuatannya lebih maksimal serta tulangan lebih terlindungi dari korosi.

Tak sampai di situ saja, fungsi dari decking ikan ini menjaga konsistensi dari ketebalan selimut badannya sehingga spesifikasinya sudah sesuai dengan ketetapan pada konstruksi. Proses pemasangannya pun sangat mudah dan sederhana, yaitu meletakkan dibawah tulang anyaman. Pada beberapa kondisi juga terdapat kawat bendrat untuk memberikan ikatan antara anyaman tulang dan decking beton jadi tidak bergeser ketika proses pemasangan berlangsung.

Ketebalan Kualitas Beton Decking

Beton decking menjadi solusi bagi para kontraktor ataupun pemilik proyek Karena ia memiliki kualitas yang cukup beragam karena ditawarkan dengan ketebalan sesuai dengan kebutuhan konstruksi. Ada produk beton decking dengan kekuatan mencapai 40 Mpa, dengan kekuatan tersebut maka beton tidak akan mudah pecah dan bisa bertahan dalam waktu lama. Keuntungan lain dari pemilihan produk decking beton yang tepat yaitu lebih hemat Tenaga Kerja dan waktu lebih efisien.

Bahan Pembuatan Beton Tahu / Beton Decking

Beton decking ini telah dibuat dari campuran antara beton dan spesi, yang bertujuan untuk menghasilkan lapisan selimut pada beton sesuai dengan perencanaan dan kebutuhan konstruksi proyek. Selimut pada beton ini menggambarkan jarak terluar beton dengan titik terluar bahan, ketebalannya akan berbeda tergantung pada kondisi iklim di mana konstruksi itu dibuat.

Pada kondisi cuaca yang ekstrem maka ketebalannya pun menyesuaikan, tentu saja berbeda dengan kondisi cuaca pada area konstruksi yang relatif normal. Ketebalan selimut akan membuat batang lebih terlindungi dari kontaminasi lingkungan luar yang bisa mempengaruhi ketahanan nya.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Comment

Your email address will not be published.