Cara Pasang Paving Block Tanpa Ribet

Paving block adalah salah satu produk atau material bahan pengerasan multifungsi yang bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Beberapa tempat yang biasanya menggunakan material paving block di antaranya seperti untuk real estate, trotoar, taman dan tempat lainnya.

Paving block memiliki berbagai macam bentuk dan juga warna serta ukuran. Karena banyak sekali pilihan hingga variasi dari paving block membuat banyak pekerja proyek dapat memilih material ini dan dapat menyesuaikan nya. Pemasangan dari paving block juga tidak terlalu rumit dan ribet jika anda mengikuti cara yang tepat dan sesuai.

Meskipun cara pemasangan dari paving block cukup sederhana namun anda harus memikirkan Bagaimana cara melakukannya dengan benar agar paving block tetap stabil dan kuat meskipun digunakan dalam jangka waktu yang lama. Pemasangannya pun juga harus dilakukan oleh orang yang ahli dan profesional yang sudah berpengalaman dalam pemasangan paving block di berbagai tempat.

Konstruksi Pemasangan Paving Block

Ada berbagai macam tahap serta metode dalam pemasangan paving block yang perlu untuk anda ketahui. Berikut ini diantaranya:

  • Pemasangan kanstin
  • Sand bedding atau dapat disebut sebagai penggelaran pasir
  • Pemasangan dan juga pemotongan dari paving block yang presisi
  • Pemadatan serta pemasangan joint filler

Pemasangan dari kanstin berfungsi sebagai penahan gaya geser yang terjadi akibat kendaraan yang melintas di atas paving block. Untuk itu sangat penting pada pemasangan untuk menentukan kekuatan dan juga konstruksi yang tepat pada paving block. Untuk pasir alas berfungsi sebagai lantai kerja pada paving block dan juga untuk membantu interlocking sehingga dapat mempermudah pelaksanaan khususnya pemasangan paving block.

Teknik Pemasangan Paving Block

Dalam teknik pemasangan pada paving block terdapat beberapa tahap di antaranya adalah:

  • Pemasangan kanstin, di dalam pemasangan paving block hal utama yang dilakukan adalah memasang kanstin terlebih dahulu sebagai penyokong untuk menahan gaya yang dapat ditimbulkan oleh kendaraan yang melintas
  • Pemberian pasir, dilakukan dengan dua cara yang pertama adalah pre compated yaitu pasir digelar yang kemudian akan dipadatkan dengan stamper plat lalu akan dilakukan teknik penjidaran dengan ketebalan tertentu dan kondisi yang sudah padat. Selanjutnya adalah dengan cara uncompated pasir yang dibentangkan kemudian langsung dijidarkan tanpa dipadatkan terlebih dahulu.
  • Pemasangan paving block dilakukan dengan cara yang tepat yaitu itu dengan memperhatikan segala tahap yang dilakukan dimulai dari peletakannya yang dilakukan dengan jarak atau ruang dan nantinya akan diisi oleh material tertentu untuk memperkuat paving block tersebut.

Teknik Pemotongan Paving Block

Pada teknik pemotongan paving block tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya

  • Hasil potongan harus lebih besar ataupun sama besarnya dengan ukuran dari paving block
  • Hasil dari pemotongan juga harus tersisa 3 Sisi yang utuh yang bertujuan sebagai pengisi ruang sisa area sehingga pemotongan pun dapat dilakukan dengan tepat

Beberapa cara dan teknik yang tepat serta sangat mudah dilakukan untuk pemasangan paving block bisa anda ikuti dan anda sesuaikan dengan kebutuhan anda. Kebutuhan akan kanstin beton dapat anda beli di pabrik beton terpercaya.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *