Daftar Perusahaan Beton Pracetak (Concrete Precast)

Perkembangan penggunaan material beton setelah melalui beberapa tahapan yang cukup signifikan. Hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya pabrik-pabrik beton yang marak berdiri dari ujung Sabang hingga Papua. Keberadaan dari sejumlah pabrik beton tersebut lain disebabkan dari adanya permintaan material beton di beragam sektor konstruksi, mulai dari konstruksi infrastruktur, bangunan atau gedung-gedung yang menjual yang tinggi.

Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi sejumlah daftar perusahaan atau pabrik beton yang sudah populer di Indonesia. Masing-masing perusahaan tersebut memiliki rekam jejak atau sejarah yang berbeda-beda. Bahkan target pemasaran merekapun juga cenderung berbeda.

Berikut ini sejumlah perusahaan pabrik beton yang sudah kami rangkum berdasarkan pengamatan kami. Harap maklum apabila pada penulisan artikel ini terjadi kekurangan atau kelebihan maksudnya berbeda dari kenyataannya.

PT. SCG Readymix Indonesia

Sebelum berganti nama seperti saat ini, awalnya perusahaan yang memproduksi beton siap curah ini bernama PT Jaya readymix. Kemudian diakusisi oleh siam cement Group atau disingkat dengan SCG. Sehingga berganti nama perusahaannya menjadi PT SCG readymix Indonesia.

Proses ambil alih brand perusahaan tersebut berlangsung pada tahun 2012. Dari segi operasional tidak ada perubahan sama sekali. Uniknya lagi, walau perusahaan ini sudah berganti nama dari tahun yang lalu, tetap saja para pekerja atau tidak pihak kontraktor lain masih menyebut perusahaan sCG dengan jayamix.

Beragam prestasi telah ditorehkan oleh perusahaan ini. Satu dari sekian diantaranya adalah pernah mencatatkan rekor melakukan pengecoran kemasan sebesar 15000 M3 di tahun 2009. Kemudian berlanjut pada beragam prestasi lain yang membuat perusahaan sCG semakin melejit di pasaran. Usut punya usut, banyuwangi merupakan perusahaan yang mempunyai batching Plant paling banyak dan tersebar mulai dari Sumatera hingga kupang.

PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk

Salah satu produsen beton yang juga populer di Indonesia ini diakui memiliki kontribusi besar pada pembangunan segala macam konstruksi di Indonesia.

PT Indocement tunggal Prakarsa telah berdiri semenjak tahun 1975. Hingga saat ini, heidelbergcement Group, salah satu perusahaan dari Jerman masih pemegang saham terbesar PT Indocement ini. Sementara itu, proses produksinya atau pabrik dari PT Indocement sudah berdiri cukup lama di wilayah Bogor, Jawa Barat.

Setidaknya sudah ada 9 pabrik yang masih beroperasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen terhadap beton yang berkualitas. Total 11,9 juta toh per tahun kapasitas desain yang telah terpasang pada PT. Indocement. Selain berdiri di daerah Bogor, pT Indocement juga melebarkan sayapnya di wilayah Cirebon, Jawa Barat dan Kotabaru, Kalimantan Selatan.

“Turut membangun kehidupan bermutu” itulah sebuah modal yang ditanamkan pada perusahaan PT Indocement tunggal prakarsa Tbk. Mereka memiliki visi untuk menjadi produsen utama yang mampu memenuhi segala kebutuhan semen di Indonesia. Tidak hanya itu, perusahaan PT Indocement juga berhasrat untuk berada di peringkat atas pada pangsa pasar bidang beton ready mix. Bahkan melebar hingga ke produksi beton siap pakai, pasir dan agregat. Target utama pT Indocement adalah menguasai pemasaran wilayah Jawa.

Berbekal visi di atas, perusahaan PT Indocement telah menetapkan misinya untuk terus turut andil dalam bisnis penyediaan kebutuhan semen serta bahan bangunan yang mampu memberikan kualitas terbaik dengan harga terjangkau. Tentu saja misi ini harus diiringi dengan pertimbangan-pertimbangan pembangunan yang saling berkelanjutan.

PT Indocement tunggal Prakarsa telah masuk dalam kategori industri terbesar penyedia semen di Indonesia. Kurang lebih sudah ada 15, 4 juta ton semen yang telah dihasilkan pada tahun 2011. Sebuah prestasi tersebut tentu saja Akan terus ditingkatkan baru satu dekade ke dekade berikutnya demi satu tujuan yaitu memperoleh kepuasan pelanggan.

PT. Cemindo Gemilang

Tidak dapat diragukan lagi bahwa perusahaan yang berdiri pada tahun 2011 ini merupakan perusahaan semen terkemuka di Indonesia. Pakan PT cemindo Gemilang sendiri telah memegang usaha milik merk Semen Merah Putih.

Dalam memenuhi setiap permintaan para konsumennya, pT cemindo Gemilang yang telah mengandalkan empat pabrik yang telah tersebar di penjuru Indonesia.

  • Pabrik semen daerah Banten yang mampu memproduksi hingga 4000000 ton semen tiap tahun. Bahkan, pabrik ini juga telah difasilitasi dengan metode supply chain terlengkap mulai dari proses produksi hingga tahap distribusi.
  • Pabrik pengemasan semen di pontianak, merupakan sebuah industri yang mampu mengemas 500.000 semen per tahunnya.
  • Pabrik cemindo di Gresik, merupakan salah satu pabrik yang mampu menyuplai semen hingga satu juta ton pertahunnya.
  • Pabrik cemindo di Ciwandan, merupakan salah satu pabrik yang mampu menyuplai semen 1750000 ton per tahunnya

PT cemindo Gemilang sendiri telah berhasil melakukan distribusi produk semen Merah Putih pada 17 provinsi di seluruh Indonesia, saat ini mereka ingin semakin memperluas wilayah pemasarannya. Bahkan produk semen yang diproduksi PT jenindo tersebut telah memperoleh apresiasi besar dari masyarakat. Hal ini terbukti dari sebuah penghargaan bernama home preferred brand pada kategori semen Portland terbaik. Merk semen merah putih telah berhasil mengambil hati pembaca media bintang Group Indonesia selama 2 tahun berturut-turut.

PT. Pionirbeton Industri

Perusahaan berikutnya yang juga turut berkembang di Indonesia adalah PT pionirbeton Industri. Saat ini perusahaan tersebut telah melakukan proses distribusi beton ready mix dengan kualitas terbaik. Bahkan wilayah pemasarannya pun meliputi konstruksi dari skala kecil hingga paling besar ke seluruh wilayah Indonesia.

Dibangun pada tahun 1996, PT. pionirbeton Industri sendiri dibangun untuk sebagai anak perusahaan dari PT superbeton Prakarsa industri dan pioneer International limited yang berlokasi di Australia.

PT pionirbeton Industri telah mengantongi batching Plant sebanyak 35 wilayah di Indonesia. Jumlah sebanyak itu bisa saja kurang atau lebih.

Jumlah batching plant tersebut meliputi wilayah banten, jawa Barat, jawa Tengah, dan wilayah Jabodetabek. Jika dikalkulasi secara total maka produksi yang dihasilkan adalah 2000 meter kubik per jam. Sebanyak 700 truk mixer juga dikerahkan dalam proses distribusi produk beton pT Pioneer, ditambah lagi dengan 2 ribu karyawan yang siap melakukan produksi tiap harinya.

Semoga perusahaan beton ternama, pT pionirbeton Industri telah melakukan pengawasan yang amat ketat meliputi mutu dari bahan baku, air dan semen. Tujuannya adalah untuk memberikan kualitas beton yang lebih terjamin untuk masyarakat. Pemilihan beton tentu saja dapat dikategorikan berdasarkan tingkat kebutuhan suatu konstruksi.   

PT. Holcim Indonesia

Merupakan salah satu bagian dari lafargeholcim Group, perusahaan ini telah berkembang hampir di 90 negara. Setidaknya sudah 180 tahun PT Holcim Indonesia setelah menggeluti bidang produksi pembuatan beton dan semen di Indonesia. Hingga akhirnya perusahaan ini semakin membesar dan paling berpengaruh dari waktu ke waktu.

Kurang lebih sebanyak 15000000 ton semen per tahun telah dihasilkan oleh PT Holcim Indonesia Tbk. Proses produksi sebanyak itu tentu saja dihasilkan dari 4 pabrik yang kini telah tersebar di wilayah Indonesia, diantaranya:

  • Tuban, Jawa Timur
  • Narogong, Jawa Barat
  • Cilacap, Jawa Tengah
  • Lhoknga, Aceh

Produksi dari pT Holcim juga didukung dengan keberadaan fasilitas penggilingan yang saat ini telah tersedia di beragam wilayah, seperti Sumatera dan Kalimantan.

Sebagai dedikasi terhadap lingkungan, pT Holcim Indonesia juga berkontribusi untuk menciptakan sebuah unit bisnis bernama geocycle. Yaitu sebuah unit pengelolaan limbah yang disokong oleh tenaga ahli yang sudah berkompeten menangani permasalahan limbah khususnya di bidang industri.

Tidak hanya sampai itu saja, pT Holcim juga memberikan kontribusi terhadap kepemimpinan global dengan mendukung kegiatan masyarakat di beberapa bidang tertentu, diantaranya:

  • Green Posdaya
  • Berdaya bersama
  • Hota atau gerakan Holcim Orang Tua Asuh
  • Peternakan
0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *