Fungsi & Kegunaan Buis Beton untuk Pembangunan Konstruksi

Beton adalah material modern yang dibentuk dan dibuat dari komposisi beton terbaik. Saat ini pipa beton juga banyak tersedia dalam produk siap pakai tanpa harus diolah terlebih dahulu. Penggunaan dari pipa beton ini biasa diaplikasikan untuk pembangunan drainase atau saluran air.

Pemasangan dari saluran pipa ini dapat dilakukan untuk pembangunan sumur, rumah ataupun jalanan. Pipa beton ini juga memiliki prinsip yaitu sebagai pengarah laju air dari tempat satu ke tempat yang lainnya yang dilakukan secara efisien tanpa menyebabkan luberan disaat pipa tersebut mengalirkan air.

Macam-macam Pipa Beton

Jika anda sudah mengetahui apa itu beton maka saat ini anda perlu mengetahui macam-macam dari pipa beton yang bisa anda gunakan dan bisa anda temukan di pasaran. Masing-masing dari setiap jenis peta tersebut memiliki kekuatan tersendiri yang juga berbeda-beda. Harga yang ditawarkan juga sangat beragam di pasaran dan diklasifikasikan secara berbeda-beda tergantung dari kualitas dan komposisi dari pipa beton tersebut.

Anda bisa dengan mudah memilih mana yang sesuai dengan budget yang anda sediakan. Karena yang seperti kita ketahui bahwa pipa beton ini amat sangat diperlukan untuk mempermudah proses pembuatan irigasi ataupun drainase saluran air. Berikut ini merupakan macam-macam dari pipa beton yang dapat anda ketahui:

Non Reinforced Concrete

Pipa beton non reinforce concrete hampir memiliki bentuk yang sama dengan reinforce concrete. Perbedaan dari kedua batang tersebut dilihat dari kandungan di dalamnya saja yang mana reinforce concrete memiliki tulangan atau rangka baja di bagian dalamnya sedangkan non reinforce concrete tidak memiliki rangka atau tulang and baja di dalamnya. Non Reinforce concrete hanya dapat di fungsikan pada konstruksi yang berskala ringan dan tidak membutuhkan beban berat dalam pembuatannya.

Reinforced Concrete

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa reinforce kongkrit merupakan komponen yang memiliki tulangan baja pada bagian dalamnya yang mana peta tersebut memiliki kualitas yang lebih kuat dan juga tahan lama untuk menanggung beban berat di permukaan nya. Dalam proses produksinya Terdapat 4 metode yang diterapkan untuk menjadikan kualitas beton ini lebih unggul yaitu Wet Spinning, High Vibration Vertical Cast, Packer Head dan Roller Suspension.  

Kegunaan Pipa Beton

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa ada sedikit perbedaan antara pipa beton non reinforce concrete dan juga pipa beton reinforce concrete. Anda juga telah mengetahui masing-masing dari macam pipa beton yang juga memiliki tingkat kekuatan berbeda dari setiap jenisnya. Walaupun demikian tetapi fungsi utama dari pipa beton tersebut yaitu mempermudah proses pengaliran air. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai kegunaan dan juga fungsi dari pipa beton yang harus anda ketahui.

Pipa Beton Khusus Sumur Resapan

Salah satu jenis dari pipa beton yang memiliki kegunaan sebagai pelapis dinding pada tanah gimana dalam proses pembuatan tersebut dapat diaplikasikan pada sumur resapan. Sebelum adanya pipa beton, konstruksi dari pembuatan sumur resapan ini menggunakan material batu kali ataupun cor namun saat ini proses pembuatannya dapat dengan mudah dibuat dengan menggunakan beton yang disusun sedemikian rupa. Hal tersebut dapat membantu proses penekanan biaya dan juga jangka waktu pengerjaan yang diperlukan dalam pembuatan sumur resapan.

Pipa beton terdiri dari dua macam bentuk yaitu berbentuk lingkaran atau bola dan juga berbentuk setengah lingkaran dan kedua benda tersebut adalah komponen yang sesuai dan dapat digunakan pada pembuatan sumur resapan. Macam beton yang gunakan pada sumur resapan ini adalah non reinforce concrete karena sumur resapan tidak terlalu membutuhkan dinding yang menahan beban berat. Maka dari itu Salah satu keunggulan pipa beton untuk sumur resapan adalah tingkat keawetannya yang nantinya akan lebih terjamin.

Pipa Beton Khusus Irigasi

Kegunaan dan juga fungsi dari pipa beton adalah untuk membantu proses irigasi menjadi lebih efisien dan efektif. Fungsi utama dari beton yaitu sebagai saluran drainase atau gorong-gorong crack. Perbedaan dari bentuk kegiatan ini juga memiliki perbedaan dari fungsinya, pipa beton yang berbentuk setengah lingkaran atau terbelah biasanya digunakan untuk proses irigasi. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika ada juga yang menggunakan pipa beton bentuk bulat untuk proses irigasi.

Metode dari pemasangan pipa beton ini yang digunakan untuk irigasi dinilai lebih simple dan dapat menekan pembiayaan pengeluaran proses pemasangannya. Hal tersebut tentu saja bisa menjadi benefit untuk Anda jika menggunakan pipa beton yang dikhususkan untuk saluran irigasi dengan mengganti material lama seperti batu kali dengan pipa beton tersebut.

Pipa Beton Khusus Gorong-gorong

Fungsi dari pipa beton yang paling umum digunakan yaitu sebagai komponen dari saluran bawah tanah ataupun gorong-gorong. Pipa beton yang digunakan untuk gorong-gorong hampir sama dengan pipa beton yang digunakan sebagai material utama dalam pembuatan sumur resapan. Bedanya adalah pada macam dari betonnya. Pipa beton yang digunakan untuk gorong-gorong biasanya menggunakan pipa beton reinforce concrete, yang mana buka beton ini dapat menanggung beban berat.

Karena biasanya gorong-gorong diaplikasikan pada saluran bawah tanah yang ada di Jalan Raya dimana dilewati berbagai macam jenis kendaraan. Untuk memperkuat persahabatan ini biasanya juga ditambahkan kandungan baja atau tulangan di bagian dalamnya. Pemasangan dari beton ini yang diaplikasikan pada gorong-gorong cenderung lebih cepat dibandingkan dengan pemasangan menggunakan teknik cor dan teknik lainnya.

Proses Instalasi Pipa Beton

Ada beberapa metode atau proses penginstalasian pipa beton yang dapat dilakukan dengan standart ataupun prosedur yang telah ditetapkan agar hasil yang dikerjakan maksimal. Diantaranya proses tersebut:

  • Pemotongan sejumlah lapisan yang sudah dilapisi oleh aspal
  • Penggalian tanah pada proyek
  • Pemasangan alas di bagian permukaan atau bagian dasar
  • Pengaplikasian pipa beton
  • Pemasangan dinding yang bertujuan agar pipa beton tidak mudah bergeser
  • Proses akhir yaitu konsultasi dengan pihak kontraktor yang mengerjakan untuk selanjutnya ditindaklanjuti jika terjadi pemasangan yang kurang tepat ataupun tidak sesuai

Di atas merupakan sedikit ulasan mengenai proses instalasi dari pipa beton yang dapat diterapkan pada proyek pembangunan infrastruktur. Pemasangan dari pipa beton yang sesuai dengan standar maka akan memberikan hasil yang sesuai. Pemasangan pipa beton juga memerlukan tim yang Solid untuk membentuk suatu infrastruktur yang sesuai dengan perencanaan awal. Hal tersebut juga memiliki alasan karena dengan memiliki tim yang mampu bekerja sama maka durasi penyelesaian pun akan lebih cepat dan pengerjaan pun akan lebih efisien.

Jika saat ini anda sedang membutuhkan pipa beton untuk segala jenis penerapan infrastruktur pembangunan, anda bisa menghubungi kami sebagai salah satu pabrik beton terbaik yang ada di Indonesia. Kami juga memiliki berbagai macam produk beton pracetak yang dapat anda manfaatkan dan anda gunakan dalam proses pembangunan yang sedang anda lakukan.

Semua produk yang kami miliki merupakan beton yang terbuat dari komposisi baik yang bermutu. Kami juga memberikan pelayanan terbaik dengan menjangkau seluruh wilayah yang ada di Indonesia menggunakan pengiriman terbaik yang nantinya beton yang anda terima akan sesuai dengan keinginan anda. Segera hubungi kami untuk melakukan konsultasi mengenai pipa beton dan produk beton lainnya secara lebih detail.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *