Harga Jual Pondasi Tiang Pancang Megacon Bandung ☎ 0858 9963 0897

Pondasi Tiang Pancang (Pile Cap Foundation)

Dalam merencanakan pondasi untuk suatu konstruksi bisa diaplikasikan sebagian variasi tipe pondasi. Pemilihan macam pondasi ini didasarkan atas :

Fungsi bangunan atas (upper structure) yang akan dipikul oleh pondasi tersebut.
Besarnya muatan dan berat dari bangunan atas.
Kondisi tanah dimana bangunan tersebut akan didirikan.
Biaya pondasi dibandingi dengan bangunan atas.

Seperti yang kita ketahui bahwa variasi pondasi cukup banyak macamnya, dan tergantung dari fungsi serta kegunaannya. Nah.. salah satu di antara ragam pondasi yang dapat digunakan ialah pondasi tiang pancang. Konstruksi pondasi tersebut bisa terbuat dari kayu, baja, atau beton yang berfungsi untuk meneruskan bobot- beban dari struktur bangunan atas ke lapisan tanah pendorong (bearing layers) dibawahnya pada kedalaman tertentu

Kelebihan Pondasi Tiang Pancang

Tiang pancang saat ini banyak diterapkan di Indonesia sebagai pondasi bangunan, seperti jembatan, gedung bertingkat, pabrik atau gedung-gedung industri, menara, dermaga, bangunan mesin-mesin berat, dll. Dimana semuanya yakni konstruksi-konstruksi yang memiliki dan menerima beban yang relatif berat. Penggunaan tiang pancang untuk konstruksi umumnya bertitik tolak pada beberapa hal mendasar seperti anggapan adanya muatan yang besar sehingga pondasi segera terang tak dapat digunakan, kemudian ragam tanah pada lokasi yang bersangkutan relatif lunak (lembek) sehingga pondasi langsung tidak ekonomis lagi untuk dipergunakan.

Dikarenakan begitu pentingnya peranan dari Pondasi Tiang Pancang Megacon Bandung tersebut, maka jikalau pembuatannya dibandingi dengan pembuatan pondasi lain, pondasi tiang pancang ini memiliki sebagian profit sebagai berikut :

Tarif pembuatannya kemungkinan besar (dengan melihat letak lokasi dan lainnya), lebih murah jika dikonversikan dengan daya yang bisa dijadikan.

Progresnya lebih gampang.
Di Indonesia, kelengkapan yang dipakai tidak susah untuk diperoleh.
Para pekerja di Indonesia telah cukup piawai untuk melaksanakan bangunan yang mempergunakan pondasi tiang pancang.
Waktu prosesnya relatif lebih cepat.
Secara lazim pemakaian pondasi tiang pancang dipergunakan seandainya tanah dasar dibawah bangunan hal yang demikian tidak memiliki tenaga dukung (bearing capacity) yang cukup untuk memikul berat bangunan dan muatan diatasnya, dan juga jika letak tanah keras yang mempunyai energi dukung yang cukup untuk memikul berat dari beban bangunan diatasnya berlokasi pada posisi yang betul-betul dalam. Dari alasan itulah karenanya dalam mendesain Pondasi tiang pancang totaliter dibutuhkan info mengenai :
Data tanah dimana bangunan akan didirikan.
Tenaga dukung dari tiang pancang itu sendiri (bagus single pile ataupun group pile).
negative skin friction (sebab mengakibatkan muatan tambahan).

Tipe-jenis Pondasi Tiang Pancang dan Sistem Pemasangannya

[tabel-ukuran-pondasitiangpancang]

Pondasi tiang pancang (pile foundation) yakni bagian dari struktur yang dipakai untuk menerima dan mentransfer (menyalurkan) muatan dari struktur atas ke tanah penyokong yang terletak pada kedalaman tertentu. Format tiang pancang dapat berupa silinder atau segitiga dengan panjang tiang 10 m hingga dengan 30 m, jikalau kedalaman tiang pancang melebihi satu buah maka bisa dilakukan penyambungan.

Pondasi tiang pancang digolongkan berdasarkan kwalitas bahan material dan cara pelaksanaan. Berdasarkan mutu bahan material yang diaplikasikan, tiang pancang dibedakan menjadi empat yakni tiang pancang beton, tiang pancang kayu, tiang pancang baja struktur, dan tiang pancang komposit.

Pondasi Tiang Pancang Beton Murah Bandung

Tiang pancang beton berdasarkan sistem pembuatannya dibedakan menjadi dua jenis adalah :

– Cast in place (tiang beton cor ditempat atau fondasi tiang bor) dan
– Precast pile (tiang beton diwujudkan ditempat lain atau diwujudkan dipabrik).

Pondasi tiang pancang dibuat ditempat lain (pabrik, dilokasi) dan baru dipancang layak dengan usia beton setelah 28 hari. Karena tegangan tarik beton adalah kecil, sedangkan berat sendiri beton yaitu besar, karenanya tiang pancang beton ini haruslah diberikan tulangan yang cukup kuat untuk menahan peristiwa lentur yang akan muncul pada waktu pengangkatan dan pemancangan. Penggunaan pondasi tiang pancang beton memiliki profit dan kerugian antara merupakan sebagai berikut ini :

Keuntungannya adalah :

Karena tiang dibuat di pabrik dan pemeriksaan mutu ketat, akhirnya lebih bisa dipercaya. Lebih – lebih sebab pemeriksaan bisa dapat dikerjakan tiap-tiap ketika.

Prosedur proses tidak diberi pengaruh oleh air tanah

Daya dukung dapat diperkirakan berdasarkan rumus tiang pancang sehingga mempermudah pengawasan profesi konstruksi.

Metode penumbukan amat layak untuk mempertahankan kekuatan dukung vertikal.