Jenis-jenis Gorong-gorong Beton

Gorong-gorong beton dalam dunia konstruksi dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Apalagi di era perkembangan teknologi sekarang, menjadikan produk gorong-gorong beton terus berkembang dengan banyak variasi dan pemanfaatannya. Pabrik beton Megacon memproduksi jenis gorong-gorong beton yang berkualitas, awet, dan mudah dalam pemasangannya. Nah, berikut adalah beberapa jenis gorong-gorong beton yang kami sediakan.

Jenis Gorong-gorong Beton

Buis Beton / Pipa Beton

Gorong-gorong beton adalah material yang pertama kali digunakan sebagai saluran drainase bawah tanah. Material ini sudah banyak dipakai bahkan sebelum tahun 1984. Dulu buis beton diproduksi dengan cara manual yaitu dengan menyusun dua buah cetakan lingkaran. Tapi pabrik-pabrik beton saat ini telah memiliki teknologi canggih dalam memproduksi buis beton berkualitas, bahkan ada jenis buis beton dengan menggunakan tulangan untuk daya tahan yang lebih kuat.

Ukuran buis / pipa beton bervariasi, diameter yang ia miliki mulai dari 20 cm sampai 150 cm. Panjang dari buis ini tersedia antara 50 dan 100 cm. Nah untuk anda yang membutuhkan buis beton, pertimbangkan dahulu ukuran buis seperti apa yang dibutuhkan. Saluran buis beton yang biasa digunakan pada area bawah tanah dan dilalui kendaraan berat adalah jenis pipa beton bertulang.

Box Culvert

Box culvert adalah material gorong-gorong beton yang memang diproduksi dengan tulangan pada strukturnya. Tak heran jika material box culvert sangat kuat dan bisa dijadikan lalu lintas jembatan. Seperti dengan nama yang ia miliki, bentuk box culvert kebanyakan adalah persegi. Ada juga produk box culvert yang dicetak khusus dengan bentuk trapesium sesuai permintaan kebutuhan.

Untuk pengaplikasiannya sendiri, box culvert menggunakan spigot dan socket untuk menyambungkan box satu dengan lainnya. Spigot dan socket yang terpasang bersifat kedap air sehingga tidak akan mengalami kebocoran. Ukuran produk box culvert berkisar 40 x 40 cm sampai 200 x 200 cm. Proses produksi box culvert juga dapat dilakukan pada area konstruksi jika memang diperlukan.

U Ditch

U ditch merupakan saluran gorong-gorong beton yang terbuka pada bagian atasnya. Bentuk dari u ditch sendiri seperti huruf U. Sebagai saluran gorong-gorong u ditch dapat diaplikasikan terbuka atau diberikan penutup dengan cover u ditch.

Ukuran u ditch bervariasi, mulai dari 30 x 30 cm sampai 120 x 120 cm, pengaplikasian u ditch kebanyakan untuk saluran air di jalan raya, perumahan, atau area pabrik. Karena material ini sebenarnya terbuka dan diberi penutup yang terpisah, hal ini akan semakin mudah dalam proses pemeriksaan / hendak membersihkan saluran. Tak heran jika pengaplikasian u ditch di masyarakat jauh lebih banyak ketimbang box culvert dan buis beton.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *