Kegunaan & Kelebihan Mesin Stamper dalam Konstruksi

Dalam melaksanakan pekerjaan konstruksi, ada banyak alat berat dan mesin yang digunakan untuk membantu penyelesaian nya. Salah satu mesin yang digunakan untuk pekerjaan konstruksi adalah alat stamper. Alat stamper menjadi mesin konstruksi yang wajib ada terutama dalam pembangunan jalan, gedung dan pabrik.

Sebutan lain dari mesin stamper adalah tamping rammer. Manfaatnya dalam pembangunan konstruksi yaitu sebagai alat pemadat tanah. Tidak hanya tanah timbun saja yang dapat dipadatkan, melainkan tanah asli kohesif, paving block, aspal dan beton. Sama dengan alat bantu konstruksi lainnya, mesin stamper tidak hanya bisa didapatkan dengan membeli, sudah banyak orang yang menawarkan sewa alat stamper.

Ada dua macam bahan bakar yang digunakan oleh stamper, yaitu bahan bakar bensin dan solar. Penggunaan alat ini dalam kebutuhan konsumsi masih membutuhkan operasi secara manual oleh manusia.

Baik pengerasan jalan, aspal beton, paving dan lainnya, sudah menjadi kewajiban bahwa ia dalam finishing dilakukan perkerasan jalan. Ini bertujuan untuk lapisan perkerasan antara lapisan tanah dasar dengan roda kendaraan. Dengan menggunakan mesin stamper diharapkan sarana transportasi menjadi lebih mulus. Mengaplikasikan stemper juga menjadikan jalan lebih awet dan tahan lama.

Bagian-Bagian Alat Mesin Stamper

Yang diberikan oleh mesin stamper tidak cuma untuk pemadatan jalan raya saja. Pengaplikasiannya dapat digunakan untuk memadatkan tanah pada lokasi bangunan gedung atau halaman yang hendak di bangun. Mesin stamper terdiri dari bagian-bagian berikut ini:

1. Mesin stamper

Bagian mesin berguna untuk menghasilkan tenaga rotasi dari roda gigi sampai ke gerakan menumbuk. Bagian permukaan tanah yang terkena mesin stamper akan jadi lebih padat dan keras.

2. Pegangan mesin stamper

Karena teknik pengerasan jalan yang menggunakan stamper dilakukan oleh tenaga manusia, maka pada alat ini telah diberi pegangan sedemikian rupa untuk memudahkannya dalam pengoperasian. Pegangan dari mesin stamper dibuat dari besi jadi ia lebih kuat menahan getaran dan gerakan saat mesin stamper berjalan.

3. Kaki mesin stamper

Bagian kaki pada mesin inilah yang memberikan hentakan dan tumbukan untuk proses pemadatan tanah. Sistem kerja kaki mesin stamper digerakkan oleh adanya pegas. Ditambah dengan tenaga dari mesin yang dihasilkan maka perkerasan jalan bisa dilakukan dengan mudah menggunakan bantuan alat ini tanpa menguras tenaga manusia yang menggerakkannya.

Prinsip Kerja Mesin Stamper

Mesin stamper tergolong mesin yang unik karena prinsip kerja yang dihasilkan yaitu mengubah rotasi gigi. Perubahan rotasi gigi inilah yang bekerja untuk memberikan tekanan pada bagian tanah sehingga lebih keras.

Karena pergerakan yang dihasilkan oleh mesin stamper tergolong sangat kuat, maka sebaiknya hanya para tenaga kerja yang profesional dapat mengoperasikan alat stamper ini. Prinsip kerja yang dimiliki alat stamper bisa membawa dampak tertentu bagi para tenaga kerja, beberapa diantara mereka yang tidak kuat menahan getaran dari stamper bisa mengalami gangguan kesehatan.

Jadi jika anda hendak menggunakan mesin stamper sebaiknya gunakan juga alat peredam getaran. Hal ini termasuk dari bagian safety para tenaga kerja.

Sekian informasi yang bisa saya sampaikan seputar mesin stamper di atas mengingat manfaatnya yang sangat penting bagi pekerjaan konstruksi.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *