Inilah Kegunaan Road Barrier yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Pemisah atau pembatas jalan, atau biasa disebut dengan road barrier adalah sebuah komponen jalan yang berfungsi untuk menghalau kendaraan-kendaraan agar tidak masuk pada jalur tertentu. Secara umum road barrier mempunyai bentuk yang memanjang dan dipasang secara berjajar. Fungsi dari bentuk road barrier inilah yang mampu memisahkan antara lajur satu dengan lajur yang lain.

Misalnya, menjadi pemisah antara kendaraan yang melaju pada lajur cepat dan kendaraan yang melaju pada lajur lambat. Keberadaan road barrier sangat diperlukan pada wilayah kota-kota yang memiliki jumlah kendaraan dalam jumlah banyak. Sebab wilayah tersebut memiliki angka kemacetan dan kecelakaan yang cukup tinggi.

Fungsi lain yang bisa dimanfaatkan pada road barrier ini adalah menjadi pemberi arah atau penuntun pada kendaraan-kendaraan untuk melewati jalur alternatif (yang sudah ditutup). Agar beton memiliki tingkat keawetan yang cukup terjamin, maka dibutuhan semuah komposisi atau material yang kuat dan kokoh, yaitu beton.

Road barrier beton biasanya juga dapat difungsikan sebagai pemberi tanda pada badan jalan yang tengah dilakukan perbaikan. Sehingga proses konstruksi yang sedang berlangsung tidak akan terganggu. Meskipun sejumlah kendaraan terpaksa harus mengalah untuk berbagi lajur dengan kendaraan yang berada di lajur lain, atau justru harus melalui jalan alternatif yang jaraknya lebih jauh.

Road barrier juga diperlukan untuk membatasi antara satu lahan parkir dengan lahan parkir berikutnya, atau satu lahan parkir dengan lajur untuk kendaraan melaju. Ketika penggunaan atau pemasangan road barrier telah dilakukan sesuai standar prosedur proyek, maka segala fungsi khususnya pada sisi keunggulan road barrier beton akan mudah didapatkan.

Para pengendara akan menjadi lebih taat dan disiplin terhadap rambu-rambu kendaraan. Road barrier terbukti ampuh menekan jumlah pengendara-pengendara nakal yang ingin melawan arus. Apabila terus-terusan dibiarkan maka bisa jadi angka kemacetan dan kecelakaan akan terus bertambah dari waktu ke waktu.

Keberadaan road barrier juga mampu mempermudah proses sterilisasi yang dilakukan jajaran kepolisian dari pihak-pihak yang bertanggung jawab atau warga sipil jika terjadi kejadian yang membahayakan. Seperti ada aktifitas ancaman teroris atau kriminal lainnya yang terjadi di lingkungan publik maupun kantor pemerintahan.

Dampak Positif Penggunaan Road Barrier Beton

Berikut ini sejumlah nilai atau dampak positif yang ditimbulkan dari keberadaan road barrier di sejumlah titik jalan raya. Beragam keunggulan di bawah ini tentu saja tidak akan didapatkan pada road barrier biasa (tanpa beton).

Usia Penggunaan Pembatas Jalan Lebih Lama

Pengaplikasian material beton pada komposisi road barrier sangat berpengaruh terhadap tingkat kekuatannya. Sebagaimana kita ketahui bahwa beton merupakan material kuat yang terdiri dari semen yang sudah dicampur sedemikian rupa. Sehingga wajar jika road barrier beton mampu bertahan hingga 25 atau lebih!

Tingkat Kekuatan Road Barrier Beton Lebih Terjamin

Seperti kita ketahui pada poin di atas yang mana road barrier beton memiliki usia penggunaan yang sangat lama. Dengan demikian maka tingkat kekuatannya sudah tidak dapat diragukan lagi. Road barrier juga memiliki jumlah massa yang sangat berat, sehingga sulit untuk bergeser atau didorong apabila terjadi hantaman kecil dari kendaraan mobil.

Tingkat Keamanan Jalan Bertambah

Suatu hal yang lumrah jika para pengendara membutuhkan jaminan keselamatan pada jalan agar sampai di tujuan tanpa ada hambatan. Dengan kata lain, keselamatan bagi pengguna kendaraan adalah prioritas utama yang tidak boleh dipandang sebelah mata sedikit pun. Oleh karenanya dibutuhkan komponen pembatas jalan dari arah yang berlawanan, yaitu road barrier.

Penggunaan road barrier berbahan baku beton adalah pilihan yang tepat untuk memberikan tingkat keamanan yang lebih efisien dan efektif. Proses pembuatan road barrier telah melaui proses yang amat ketat, wajar jika komponen terebut mampu menahan bobot kendaraan hingga 13 ton. Hingga saat ini, road barrier beton telah mengalami banyak perkembangan yang signifikan, tidak heran jika para ahli konstruksi tengah melakukan inovasi yang dapat menekan angka kecelakaan semaksimal mungkin.

Proses Perbaikan Tidak Sulit

Melakukan proses perbaikan atau pergantian pada komponen road barrier beton yang rusak tidak begitu sulit. Sebab road barrier  beton paling umum hanya seringkali mengalami kerusakan jika terjadi peristiwa kecelakaan saja. Lebih dari itu, road barrier beton mampu bertahan dari cuaca ekstrim.

Demikian ulasan seputar kegunaan atau fungsi utama pada road barrier. Semoga dapat menambah wawasan Anda terkait penerapan road barrier.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *