Kelebihan & Kekurangan Beton Precast

Beton Precast merupakan sebutan yang diberikan pada produk produk beton yang diproduksi pada area pabrik bukan di lokasi pelaksanaan konstruksi. Karena diproduksi pada area pabrik, proses pengecoran dan perawatan yang dialami terkontrol sesuai dengan ketentuan yang berlaku, hal ini berdampak baik pada hasil mutu beton precast yang tinggi. Karena telah dibuat pada area pabrik, tentu pelaksanaan pemasangan material beton precast ini hanya tinggal dipasang saja pada area konstruksi.

Kebutuhan produk beton precast kebanyakan dipakai untuk pembangunan proyek berskala besar. Misalnya saja produk beton pondasi tiang pancang yang dipakai dalam pembangunan gedung bertingkat, box culvert yang dimanfaatkan untuk kebutuhan pembangunan jembatan, sheet pile beton yang dipakai untuk dinding penahan tanah pada area pembangunan.

Setelah mengetahui pengertian dari produk beton precast, kami akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut. Jadi sebelum membeli produk beton precast Anda dapat mempertimbangkan dahulu kekurangan dan kelebihan yang ia miliki pada area konstruksi.

Kelebihan produk beton Precast

  • Kualitas mutu beton yang dihasilkan oleh beton Precast terjamin, ditambah lagi perawatannya yang berada di area pabrik jauh lebih terkontrol
  • Produk beton precast tidak akan rusak walaupun terkena perubahan cuaca yang drastis, jadi produknya sangat diandalkan untuk mengerjakan proyek yang tidak menentu.
  • Produk beton precast dapat menghemat waktu proses pemasangannya, sebab material ini hanya tinggal dipasang dan digabungkan dengan beton lain.
  • Penggunaan bekisting pada beton precast dapat digunakan secara terus menerus bahkan lebih dari 50 kali, hal ini sangat berbeda bila anda menggunakan beton konvensional yang pemakaian bekisting nya maksimal 10 kali.
  • Karena hemat waktu dalam pemasangannya, beton precast tidak membutuhkan jumlah tenaga kerja yang banyak sehingga ia dapat mengurangi rencana anggaran belanja. Sehingga dana yang dikeluarkan dalam pemasangan jauh lebih murah.
  • Produk beton precast tidak mencemari lingkungan proyek karena sisa-sisa proses pembuatan berada di pabrik

Kekurangan beton Precast

Penting sekali bagi anda untuk mengetahui kekurangan yang dimiliki oleh produk beton precast sebab ia dapat menjadi pertimbangan besar apakah material beton pracetak cocok bagi proyek konstruksi pembangunan anda atau tidak.

  • Beton Precast membutuhkan biaya tambahan untuk proses pengangkutan material beton dari pabrik menuju ke lokasi proyek
  • Produk beton Precast dalam pemasangannya membutuhkan bantuan alat berat. Mengandalkan alat-alat konvensional dalam proses pemasangan beton tidak dapat menghasilkan komponen struktur yang sempurna.
  • Terkadang beton Ini membutuhkan elemen-elemen beton secara tidak terduga dalam proses penyambungan nya.
0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *