Kelebihan & Kekurangan Lantai Beton Bertulang (Precast)

Pemakaian lantai beton beberapa tahun terakhir sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Pantai ini bahkan telah menyanyi lantai keramik yang begitu populer, dinamakan sebagai lantai beton karena memang bahan utama dari pembuatan lantai adalah adukan beton. Satu hal yang menarik dari lantai beton yaitu Ia memiliki kelebihan dan karakteristik yang unik.

Jika melihat dari sejarah, lantai beton ada di Indonesia bersamaan dengan populernya lantai keramik dan tegel. Dulu pemakaian lantai beton lebih sebagai alternatif dari lantai ubin yang memang harganya mahal, sehingga banyak orang menggunakan lantai beton dengan dibersihkan menggunakan amplas kelapa supaya hasilnya mengkilap. Amplas kelapa digunakan untuk mengepel lantai beton secara merata sehingga permukaan lantai lama-kelamaan menjadi kinclong.

Dengan karakteristik yang ia miliki, lantai beton pada dasarnya merupakan lantai yang istimewa karena menarik untuk desain rumah modern saat ini. Apalagi biaya dari pembuatan lantai beton terbilang lebih murah.

Kelebihan Lantai Beton

Proses perawatan yang lebih mudah

Sama dengan lantai keramik dan porselen, lantai beton juga mudah dibersihkan dengan cara di sapu ataupun di bawah secara teratur. Untuk mendapatkan tampilan yang lebih maksimal, dalam proses pembuatannya bisa dilakukan pembiakan lantai sebanyak 1 kali dalam 6 bulan agar tetap mengkilap.

Ramah lingkungan

Lantai beton tidak mengandung zat kimia berbahaya, tidak menimbulkan resiko pencemaran lingkungan, maupun berbau. Oleh karena itu LT ini termasuk dalam kategori yang ramah lingkungan. Sangat berbeda dengan jenis lantai belum yang bisa mencemari lingkungan karena hancur tidak bisa hancur jika Terpendam dalam tanah.

Tahan pada segala kondisi

Lantai beton memiliki struktur yang lebih keras dan tahan terhadap gesekan, anda tidak perlu khawatir mengenai gesekan furniture berat maupun cakaran hewan peliharaan karena tidak akan meninggalkan bekas. Sekalipun lantai ini mengalami kerusakan, anda bisa memperbaikinya dengan mudah dengan menambal semen lagi.

Lantai yang multifungsi

Lantai dengan bahan utama Semen ini dapat anda padukan untuk gaya desain interior apapun, baik itu desain bangunan klasik, minimalis, industrial, dan rustic. Tinggal Anda bagaimana menata konsep bangunan dengan furnitur yang ada.

Permukaan lantai yang dingin

Menggunakan lantai beton memiliki sifat yang dingin jadi Anda akan merasa rumah menjadi lebih sejuk. Tak heran bila lantai beton ini sangat cocok untuk orang Indonesia yang memiliki iklim cuaca tropis.

Kekurangan Lantai Beton

Permukaan yang mudah lembab dan berlumut

Jika proses pembuatan lantai beton tidak dilakukan secara merata, lantai jenis ini bisa sangat mudah menyerap air dan udara sehingga mudah berlumut. Pastikan anda untuk melakukan pembuatan lantai beton dengan baik.

Sifat permukaan yang keras

Lantai beton memiliki karakteristik yang sangat tahan lama dan sifatnya yang kasar jika proses finishing tidak dilakukan dengan tepat. Tentu hal ini tidak akan nyaman terutama bagi mereka yang memiliki anak-anak dan orang tua, ketika beraktivitas harus menggunakan alas kaki. Oleh karena itu dibutuhkan tukang yang sudah berpengalaman dalam proses pemasangannya.

Itulah beberapa kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh lantai beton yang patut Anda pertimbangkan.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *