Kenali Lebih Dekat Pre-stressed Concrete (Beton Prategang)

Beton merupakan salah satu material konstruksi yang kini marak diaplikasikan pada skala pembangunan. Mulai dari kecil hingga besar. Tak terkecuali dengan tempat-tempat publik dan infrastruktur jalan. Saat ini produk-produk beton telah tersedia dalam beragam pilihan bentuk dan komponennya, seperti U ditch, box culvert, kanstin, RCP dan sebagainya. Keberadaan dari aneka produk-produk beton yang ditawarkan, secara tak langsung mampu mempermudah proses konstruksi begitu juga dengan durasi waktu yang dibutuhkan.

Meski demikian, pemilihan produk beton tidak dilakukan secara asal-asalan. Semuanya harus berawal dari standar prosedur konstruksi yang sudah ditetapkan. Begitu juga dengan daya kekuatan beton yang turut harus dipertimbangkan. Oleh karena itu, tak sedikit perusahaan beton masa kini telah melakukan perkembangan secara besar-besaran terhadap produk yang mereka hasilkan.

Salah satu metode atau teknologi  dari perkembangan tersebut adalah munculnya penggunaan prestressed concrete atau beton prategang. Tidak sedikit dari para kontraktor yang menilai bahwa penggunaan prestressed concrete jauh lebih efisien dan efektif dalam pengerjaan konstruksi.

Definisi atau Pengertian Prestressed Concrete

Kebutuhan sebuah material terhadap dunia konstruksi semakin meningkat dari tahun ke tahun. Oleh sebab itu, dibutuhkan material yang kuat dan mampu berjalan sebagaimana mestinya. Seperti pada beton prategang, material ini memiliki definisi atau pengertian yang berbeda-beda menurut para ahli atau organisasi konstruksi. Meski demikian dari sekumpulan definisi mereka, dapat ditarik kesimpulan beton prategang merupakan sebuah komponen yang mampu menghilangkan atau mengurangi gaya tarik atau tegangan-tegangan interval yang berasal dari permukaan atas.

Tegangan pada beton prategang nantinya akan disalurkan pada tulangan beton berupa baja. Sebab material inilah merupakan salah satu produk konstruksi yang telah diakui tingkat kekuatannya sehingga mampu menahan gaya tarik kuat sekalipun. Sementara itu beton merupakan produk konstruksi yang dikenal hanya mampu menahan beban berat saja. Apabila keduanya dipadukan, maka produk beton tidak hanya mampu menahan beban berat saja, sekaligus juga bisa menahan gaya tekan agar risiko keretakan dapat diminimalisir.

Maka tidak heran jika produk beton prestressed dikenal sebagai beton kombinasi yang mampu menahan beban berat dan tekanan tarik untuk memenuhi segala kebutuhan pekerjaan konstruksi.

Umumnya beton cenderung mengalami keretakan yang tidak dapat diprediksi apabila ditimpa sebuah tegangan. Khususnya ketika anda menerapkan produk beton yang berkualitas kurang dari K350.

Setelah pembahasan lebih dalam terkait definisi dan pengertian beton prategang secara lengkap, kini saatnya kita beralih untuk mendalami Seperti apakah metode pemasangan beton prategang pada proyek konstruksi. Sebelumnya beton prategang harus diuji terlebih dahulu dengan beberapa metode.

Diantara metode yang digunakan dalam pemasangan beton prategang paling umum adalah dengan memberikan sebuah gaya tarik dan tegangan-tegangan internal pada beton. Berikut ini beberapa pelaksanaan pemasangan beton prategang sesuai standar prosedur, sebagai berikut:

Metode Beton Prategang Post Tensioned

Metode prategang yang pertama ini dilakukan usai memberikan daya tarik. Pemberian tegangan pada beton dilakukan ketika sudah benar-benar mengeras secara sempurna. Umumnya beton prategang Post tensioned diterapkan sebagai komponen utama dalam konstruksi jembatan dengan bentang menengah dan bentang panjang. Hal ini dikarenakan kekuatan beton prategang tersebut sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan di lapangan.

Tendon tidak harus menggunakan kabel tendon yang diikat pada angkur mati dan angkur hidup pada proses pengerjaannya. Begitu beton telah mengeras dengan sempurna, maka diamkan terlebih dahulu. Selanjutnya lakukan proses pendongkrakan, lalu dilanjutkan dengan pemasangan pada angkut dengan menggunakan kabel tendon yang ditarik agar mencapai sebuah tegangan yang sudah sesuai dengan yang ditentukan.

Metode Beton Prategang Pretensioned

Jika sebelumnya tegangan diberikan ketika beton belum mengeras, maka pada metode ini justru sebaliknya. Beton prategang pretensioned harus melalui uji tegangan sebelum proses pengecoran dimulai. Dengan demikian maka gaya konsentris pada tegangan beton benar-benar telah teruji meski belum mengeras. Dalam pembuatan beton prategang pada metode ini, setidaknya dibutuhkan kabel tendon yang dikaitkan pada dua buah angkur. Masing-masing terdiri dari angkur hidup dan angkur mati.

Mengapa Sejumlah Perusahaan Beton Merancang Jenis Prategang?

Sebelum meluncur pada pembahasan pemasangan beton prategang secara lebih rinci, ada baiknya jika Anda pahami terlebih dahulu mengapa sejumlah perusahaan beton berlomba-lomba memproduksi produk beton prategang dalam pengerjaan konstruksi.

Diakui atau tidak penggunaan beton sebagai material konstruksi sudah diragukan lagi tingkat daya tahannya. Ya, material ini diakui sangat kuat ketika menahan beban berat yang berasal dari permukaannya. Bukan sebuah hal yang aneh, jika beton mampu memiliki rancangan bagian struktur bangunan atau beban berat terkuat lainnya, seperti jalan raya, jembatan, pondasi dan lain sebagainya.

Meskipun material beton mampu menahan tekanan beban yang telah bertumpu di bagian atasnya, nyatanya material ini juga diharuskan untuk mampu menahan tekanan berupa gaya tarikan. Sebab gaya inilah yang terkadang menimbulkan keretakan pada beton. Hal inilah yang menyebabkan struktur bangunan menjadi rawan dihuni karena berisiko tinggi. Dari kasus tersebut, dapat disimpulkan bahwa sejumlah perusahaan menciptakan produk prategang agar segala material pada beton yang ditawarkan memiliki tingkat kekuatan yang lebih terjamin, sehingga penggunaannya menjadi lebih optimal.

Penggunaan material beton prategang dalam bidang konstruksi diakui telah banyak memberikan dampak positif. Hal ini tidak lain dikarenakan tingkat ketahanannya yang bisa diandalkan. Resiko terjadinya keretakan pun bisa dihindari. Penggunaan material beton yang telah sesuai standar prosedur tentu saja akan menghasilkan bangunan-bangunan terbaik dengan usia penggunaan berjangka lama. Jadi, tunggu apa lagi? Segera gunakan produk-produk berkualitas dari kami. Info pemesanan silakan hubungi di nomor yang sudah dilahirkan.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *