Keunggulan dan Kelemahan Penggunaan Tiang Listrik

Pengertian Tiang Listrik

Tiang utilitas atau tiang listrik memiliki pengertian yaitu sebuah tiang yang dimanfaatkan untuk menopang kabel jaringan utilitas yang contohnya seperti jaringan listrik, kasi penerangan jalan, telepon, dan lain sebagainya. Tiang utilitas atau tiang listrik ini banyak orang yang menyebutnya dengan sebutan tiang listrik di bandingkan dengan tiang utilitas.

Pada umumnya tiang utilitas atau tiang listrik ini dibuat dari bahan material besi tetapi juga ada yang terbuat dari beton cetak. Pada  tahun 1816 tiang utilitas atau tinag listrik ini pertama kali digunakan untuk menyalurkan jaringan telegraf listrik yang ditemukan oleh orang yang bernama Sir Francis Ronalds. Beliau dapat membangun jaringan kabel sepanjang 8 mil di Negara Inggris.

Apabila anda membutuhkan tiang listrik beton, anda dapat membelinya produk tersebut di kami, anda bisa  menghubungi langsung di kontak kami yang telah tersedia di laman website kami atau anda juga bisa mengunjungi halaman web kami. Kami tidak hanya melayani produk tiang utilitas atau tiang listrik saja, produk lain yang kami sediakan adalah kanstin, road barrier, U Ditch, box culvert, Pipa Beton, Pagar Panel, Sheet Pile Beton, Tiang Pancang dan masih banyak lagi produk yang kami sediakan. Produk kami adalah produk yang terbaik yang terbuat dari bahan yang berkualitas dan juga didukung dan juga diawasi oleh tenaga kerja yang ahli atau profesional di dalam bidangnya. Kami siap melayani Anda selama 24 jam Dalam 7 Hari penuh. Kami juga melayani pengiriman produk kami hingga ke seluruh wilayah Indonesia, terutama wilayah jabodetabek.

Sejarah Tiang Utilitas atau Tiang Listrik

Tiang utilitas atau tiang listrik menjadi percabangan yang lebih kecil dari saluran udara bertegangan yang sangat tinggi di dalam sebuah dunia kelistrikan agar saluran tegangan dapat sampai ke pengguna energi listrik di wilayah yang sedang membutuhkan nya. Seiring dengan perkembangan zaman yang listrik telah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat di era sekarang atau jaman sekarang. Pada tahun ke 1816 dalam sebuah sejarah tiang listrik atau yang utilitas baru pertama kali digunakan. Di zaman atau era tersebut jaringan telegraf listrik oleh penemu telegraf yang mempunyai nama Sir Francis Ronalds.

Beliau telah membangun sebuah jaringan tiang kabel terhadap graf dengan panjang 8 mil di Hammer di negara Inggris. Zaman atau era tersebut penggunaan sebuah tiang utilitas atau tiang listrik ini semakin berkembang di negara Amerika Serikat. Karenanya tiang listrik tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari sistem komunikasi telegraf di wilayah Negara Amerika Serikat. Berawal dari Samuel morse yang dapat mengalihkan teknologi dengan memenangkan jaringan tiang kabel telegram pada tiang listrik sepanjang Baltimore dan Washington, D.C.

Di zaman atau era tersebut dalam landscape kawasan perkotaan modern yang listrik atau utilitas masih jarang digunakan. Hal ini disebabkan karena adanya alasan yang mengganggu pemandangan. Tiang utilitas atau tiang listrik tenaga menguatkan untuk menopang jaringan listrik, telekomunikasi, telepon, serta televisi di walington wilayah Negara Selandia Baru di zaman dulu sampai sekarang. Di negara Selandia Baru terlihat 2 pasang yang menggantung di sekitar tiang utilitas atau tiang listrik tersebut.

Jenis Tiang Listrik

Kode warna yang terdapat pada tiang listrik ini dibedakan menjadi beberapa jenis pada semua huruf tanda pengenal kecuali merek dagang. Dibawah ini adalah beragam kode warna tiang tersebut yaitu :

  1. Beban kerja 100 daN = warna hitam.
  2. Beban kerja 200 daN = warna biru.
  3. Beban kerja 350 daN = warna merah.
  4. Beban kerja 500 daN = warna hijau.
  5. Beban kerja 800 daN = warna kuning.
  6. Beban kerja 1200 daN = warna putih.

Jika anda ingin memilih tinggi tiang listrik beton pada suatu jaringan distribusi maka anda harus memenuhi persyaratan teknis dari tiang listrik beton, agar pemilihan gawang debat dan harus diperhitungkan terlebih dahulu.

Kegunaan tiang listrik

  1. Salah satu komponen dari kontribusi distribusi saluran udara tersebut yang berfungsi untuk menyangga hantaran listrik beserta perlengkapannya adalah salah satu dari fungsi tiang listrik.
  2. Anda harus menyambungkan kabel dengan kabel lainnya hingga sampai ke tempat wilayah yang membutuhkan jangkauan listrik tersebut
  3. Agar tidak mengganggu kenyamanan dari kendaraan yang berlalu lalang, anda harus menyalurkan kabel dan mengangkat kabel ke tempat yang lebih tinggi
  4. Dapat mengubah tegangan rendah menjadi tegangan menengah dengan menggunakan tiang utilitas atau tiang listrik beton ini sebagai trafo daya
  5. Jika terjadi suatu gangguan di trafo tiang listrik tersebut dapat berfungsi sebagai pengaman penyulang agar dapat melakukan sihir gangguan di trafo sehingga peralatannya tidak akan rusak
  6. Pada bagian yang bertegangan, tiang utilitas atau tiang listrik ini berfungsi sebagai penyekat
  7. Sebagai isolasi tegangan listrik antara tiang dengan kawat

Ketika tidak ada keramaian adalah salah satu contoh dari situasi dan juga kondisi yang menyesuaikan dengan penggunaan tiang listrik tersebut. ada 3 macam jenis yang di bedakan, yaitu:

  1. Tiang konstruksi yang harus di gunakan pada 6 kw dan 30 kw
  2. Tiang listrik 1 beton  
  3. Tiang listrik 1 bentuk

Tiang listrik atau tiang utilitas merupakan bahan yang dibuat dari besi baja dengan bentuk serta ukuran yang panjang dan bulat. Sedangkan tiang utilitas atau tiang listrik beton merupakan tiang listrik yang dibuat dari semen 1 dicampur dengan semen yang lainnya serta diberikan penambahan besi kecil yang dijadikan sebagai tulangnya. Kebanyakan orang di zaman sekarang lebih memilih menggunakan tiang beton listrik tersebut dari pada jaringan instalasi karena tiang tersebut menggunakan kabel rtc yang dapat mengamankannya.

Apabila anda membutuhkan tiang listrik beton, anda dapat membelinya produk tersebut di kami, anda bisa  menghubungi langsung di kontak kami yang telah tersedia di laman website kami atau anda juga bisa mengunjungi halaman web kami. Anda bisa mempercayakan semua kebutuhan bangunan Anda kepada kami ,karena kami adalah perusahaan yang terpercaya dan terbaik selama bertahun-tahun oleh masyarakat dengan produk yang berkualitas serta harga yang relative murah.

Kami tidak hanya melayani produk tiang utilitas atau tiang listrik saja, produk lain yang kami sediakan adalah kanstin, road barrier, U Ditch, box culvert, Pipa Beton, Pagar Panel, Sheet Pile B, Tiang Pancang dan masih banyak lagi produk yang kami sediakan. Produk kami adalah produk yang terbaik yang terbuat dari bahan yang berkualitas dan juga didukung dan juga diawasi oleh tenaga kerja yang ahli atau profesional di dalam bidangnya. Kami siap melayani Anda selama 24 jam Dalam 7 Hari penuh. Kami juga melayani pengiriman produk kami hingga ke seluruh wilayah Indonesia, terutama wilayah jabodetabek.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *