Macam-Macam Tiang Listrik

Pengertian Tiang Utilitas / Tiang Listrik

Tiang utilitas atau tiang listrik merupakan tiang yang dimanfaatkan untuk menopang sebuah kabel jaringan utilitas yang mempunyai tegangan rendah dan juga tegangan tinggi. Seperti contohnya adalah jaringan arus listrik, jaringan telepon, untuk telekomunikasi, penerangan untuk jalan, dan lain sebagainya. Listrik terbagi menjadi percabangan yang lebih kecil daripada saluran udara dengan tegangan yang sangat tinggi yang digunakan untuk menyalurkan tegangan dari pengguna energi listrik ke wilayah-wilayah yang membutuhkan di dalam dunia kelistrikan tersebut.  

Tercatat dalam sejarah bahwa pada tahun ke 1816, tiang utilitas atau tiang listrik baru pertama kali digunakan untuk jaringan telegrafi listrik yang ditemukan oleh orang yang bernama  Sir Francis Ronalds. Beliau membangun jaringan kabel Craft sejauh 8 mil di Negara Inggris tepatnya di kota Hammersmith. Penggunaan tiang tersebut semakin bertambahnya tahun semakin berkembang di daerah Amerika Serikat. Berawal dari Samuel morse yang mengalihkan teknologi dengan membenamkan jaringan kabel telegrafi ini ke tiang listrik tersebut dengan panjang kota Baltimore dan Washington D.C. Sampai saat ini tiang listrik ini bahkan semakin ramai atau banyak digunakan dan menyebar ke seluruh wilayah di dunia. Listrik juga banyak digunakan di wilayah Negara Indonesia. Namun jika anda mencarinya di daerah pelosok wilayah Negara Indonesia maka akan sangat jarang untuk menemui tiang listrik tersebut. Hal tersebut dikarenakan wilayah Negara Indonesia di bagian pelosok masih menggunakan lampu minyak atau yang sering disebut oblik.

Apabila anda membutuhkan tiang listrik beton, anda dapat membelinya produk tersebut di kami, anda bisa  menghubungi langsung di kontak kami yang telah tersedia di laman website kami atau anda juga bisa mengunjungi halaman web kami. Anda bisa mempercayakan semua kebutuhan bangunan Anda kepada kami ,karena kami adalah perusahaan yang terpercaya dan terbaik selama bertahun-tahun oleh masyarakat dengan produk yang berkualitas serta harga yang relative murah.

Biasanya pada jaringan distribusi listrik ini dimanfaatkan untuk saluran udara atau overhead Line sebagai penyangga kawat penghantar supaya saluran tenaga listrik ke konsumen atau pusat beban yang dapat tersalur dengan baik. Anda harus memenuhi syarat di bawah ini agar dapat memasang tiang listrik beton dengan baik dan benar sebagai penampang jaringan distribusi  dengan tenaga listrik:

  1. Tingginya kekuatan mekanisme yang dipunyai
  2. Talam adalah sifat dari tiang listrik tersebut
  3. Pemasangannya yang sangat mudah
  4. Murahnyanya biaya perawatan
  5. memiliki beban yang tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan
  6. Harganya juga cukup terjangkau
  7. Dapat dicabut dan dipasang kembali

Macam-macam tiang listrik

Tiang utilitas atau listrik ini memiliki beragam macam jenis yang harus anda ketahui. Jaringan distribusi yang dimanfaatkan untuk jaringan distribusi dengan tenaga listrik ini terbagi menjadi beberapa macam yaitu:

Tiang Kayu / Wood Pole

Tiang kayu ini dapat dimanfaatkan sebagai penyangga jaringan distribusi karena memiliki konstruksi yang sederhana dan juga mempunyai biaya investasi yang sangat terjangkau jika dibandingkan dengan tiang jenis yang lainnya. Tiang kayu ini juga tergolong dalam penyekat yang paling baik sebagai penopang saluran udara terhadap gangguan hubung yang singkat.

Jenis kayu yang akan menjadi material tiang kayu tersebut yang didapatkan dari jenis kayu tertentu. Negara Indonesia mempunyai berjuta-juta hutan kayu dari berbagai macam jenis yaitu kayu yang digunakan untuk jaringan distribusi dari semua jenis kayu Seperti contohnya kayu ulin, kayu jati, serta kayu Rasamala. kayu cemara (yellow pine), kayu den (douglas fir), dan kayu aras (western red cendar) adalah jenis tiang kayu yang digunakan di Negara Amerika Serikat.

Tiang utilitas atau tiang listrik yang terbuat dari kayu ini juga memiliki kelebihan yaitu memiliki turunnya biaya investasi, konstruksi yang sederhana, dan merupakan bahan penyekat atau isolasi yang sangat baik bagi penopang jaringan, tidak sulit dalam pembentukan di bidang konstruksi, dan memiliki biaya perawatan yang rendah serta bebas dari gangguan petir.

Namun listrik kayu ini juga memiliki kekurangan antara lain dapat bergantung pada persediaan kayu yang ada, kayu juga harus di lakukan proses pengawetan terlebih dahulu jika ingin tahan lama. Untuk kayu yang tidak mengalami proses pengawetan umurnya bisa bertahan sekitar 10 hingga 12 tahun, namun jika kayu tersebut mengalami proses pengawetan umurnya akan mencapai 20 hingga 30 tahun. Kekurangan lain yang dimiliki kayu ini adalah kayu tidak bisa menyangga beban secara aman khususnya Apabila terjadi satu atau dua kawat yang terputus.

Jika Anda menggunakan tiang listrik jenis kayu, ternyata anda dapat menghasilkan penghematan biaya investasi yang tidak kecil dibandingkan penggunaan tiang listrik baja. Terutama di Negara Indonesia tersedia banyak sekali persediaan kayu. Akan tetapi biaya pengangkutan tiang tersebut yang cukup mahal agar dapat mendatangkan kayu ulin dari hutan hutan di Kalimantan. Begitu pula untuk biaya perawatan tiang kayu ini terutama tiang yang tidak mengalami proses pengawetan sebelumnya.

Tiang Baja (Steel Pole)

Berupa tipe-tipe bulat yang disambung dengan diameter yang berbeda dari tongkol hingga ujung merupakan bahan yang digunakan untuk membuat tiang baja. Biasanya ukuran penampang pada bagian pangkal lebih besar daripada ukuran penampang untuk bagian atas dari tiang listrik tersebut.

Daripada tiang kayu atau wood pole, tiang listrik jenis baja ini lebih sering digunakan jika kita melihat konstruksinya yang lebih lurus, lebih kokoh dan bentuk tiangnya lebih indah. Akan tetapi dengan ongkos pengiriman serta perawatan tiang baja tersebut yang lebih mahal. Jika dibandingkan dengan tiang listrik jenis kayu maka tiang jenis baja ini tentu saja lebih banyak dipilih oleh masyarakat dalam menyanggah kawat penghantar jaringan distribusi. Tersebut dikarenakan beban penampang pada jaringan distribusi tegangan yang tinggi lebih besar jika dibandingkan dengan beban penampang pada jaringan distribusi yang memiliki tegangan yang rendah. Dimanfaatkan untuk penampang jaringan listrik SUTM dan SUTR adalah salah satu manfaat yang dapat digunakan dalam tiang jenis baja bulat. Untuk penggunaan jenis yang lainnya seperti tiang beton bertulang, tiang kayu, tiang beton bertulang dan tiang konstruksi baja.

Ukuran Tiang Baja Bulat serta kegunaanyakegunaanya

  1. Tiang baja bulat dengan ukuran 3 m sering dipakai pada penyambungan tiang baja ukuran 9 m ada untuk jaringan SUTR
  2. Tiang baja bulat dengan ukuran 12 m dan ukuran 14 m digunakan untuk keper1uan-keperluan khusus contohnya seperti dimanfaatkan sebagai tiang penopang pada jaringan 20 kV yang melintasi jaringan 6 kV yang berada di bawah 20 kV tersebut.
  3. Tiang baja bulat dengan ukuran 9 m digunakan untuk penopang jaringan SUTR.
  4. Tiang baja bulat dengan ukuran 8 m digunakan untuk tiang penyangga kawat pada penguat tiang jenis (schoer kontra mast).
  5. Tiang baja bulat yang memiliki ukuran 11 meter sering digunakan sebagai penopang jaringan SUTM.

Tiang beton

Tiang beton ini memiliki dua macam jenis yaitu beton bertulang dan juga beton pracetak. Di bawah ini merupakan penjelasan dari beton bertulang dan seperti apa beton pracetak :

1. Tiang Beton Bertulang

Tiang listrik jenis ini mempunyai harga yang lebih mahal daripada tiang jenis kayu, namun lebih murah daripada tiang jenis baja bulat. Yang jenis ini banyak dimanfaatkan untuk mendistribusikan tenaga listrik di daerah-daerah pedesaan serta daerah pelosok kota maupun di tempat yang sulit dijangkau. Hal ini dikarenakan tiang listrik jenis  beton bertulang ini dapat dibuat dimana saja dan didirikan dimana saja.

Apabila anda membutuhkan tiang listrik beton, anda dapat membelinya produk tersebut di kami, anda bisa  menghubungi langsung di kontak kami yang telah tersedia di laman website kami atau anda juga bisa mengunjungi halaman web kami. Anda bisa mempercayakan semua kebutuhan bangunan Anda kepada kami ,karena kami adalah perusahaan yang terpercaya dan terbaik selama bertahun-tahun oleh masyarakat dengan produk yang berkualitas serta harga yang relative murah.

Kami tidak hanya melayani produk tiang utilitas atau tiang listrik saja, produk lain yang kami sediakan adalah kanstin, road barrier, U Ditch, box culvert, Pipa Beton, Pagar Panel, Sheet Pile Beton, Tiang Pancang dan masih banyak lagi produk yang kami sediakan. Produk kami adalah produk yang terbaik yang terbuat dari bahan yang berkualitas dan juga didukung dan juga diawasi oleh tenaga kerja yang ahli atau profesional di dalam bidangnya. Kami siap melayani Anda selama 24 jam Dalam 7 Hari penuh. Kami juga melayani pengiriman produk kami hingga ke seluruh wilayah Indonesia, terutama wilayah jabodetabek.

2. Tiang Beton Pracetak

Kebanyakan orang pasti akan lebih memilih tiang listrik jenis beton daripada tiang listrik jenis kayu dan juga tiang jenis baja. Karena harganya juga lebih murah serta proses pemasangannya yang juga lebih mudah atau tidak sulit. Kelebihan lain yang dimiliki tiang jenis beton ini adalah mempunyai umur yang sangat panjang serta mudahnya perawatan seperti tiang beton bertulang.

Perusahaan kami menyediakan produk-produk yang terbuat dari beton seperti contohnya tiang listrik yang menggunakan bahan-bahan hasilkan mutu yang terjamin dan juga memiliki kelebihan yaitu harganya yang terjangkau. Apabila anda membutuhkan tiang listrik beton, anda dapat membelinya produk tersebut di kami, anda bisa  menghubungi langsung di kontak kami yang telah tersedia di laman website kami atau anda juga bisa mengunjungi halaman web kami. Anda bisa mempercayakan semua kebutuhan bangunan Anda kepada kami ,karena kami adalah perusahaan yang terpercaya dan terbaik selama bertahun-tahun oleh masyarakat dengan produk yang berkualitas serta harga yang relative murah.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *