Macam Tipe Concrete Masa Kini

Pada sebuah konstruksi pembangunan yang menggunakan beton adalah sebuah konstruksi yang menggunakan bahan bangunan berupa komposit yang terbuat dari suatu kombinasi agregat dan juga pengikat semen. Bentuk yang pada umumnya terdapat pada beton adalah beton semen Portland yang komposisinya terdiri dari agregat mineral dan juga biasanya tergantung kombinasi kerikil, pasir, semen dan juga air.

Ada juga berbagai macam varian dari jenis beton dan masing-masing jenisnya memiliki fungsi tersendiri. Walaupun tampilan dan fungsinya yang berbeda-beda namun tetap saja bagi orang biasa akan terlihat sama yaitu beton yang berwarna abu-abu dengan campuran semen, pasir, batu dan juga kerikil.

Kita pun dapat mengetahui bahwa beton biasanya juga digunakan untuk berbagai macam material pembangunan atau sebagai bahan baku konstruksi dalam suatu proyek pembangunan seperti rumah tinggal, gedung, perkantoran, tempat pabrik, jalan raya dan masih banyak lagi yang menggunakan beton ini sebagai material dalam proyek pembangunan infrastruktur.

Ada berbagai macam jenis beton yang umumnya digunakan pada sebuah pembangunan dan anda perlu mengetahui pesan apa sajakah itu berikut penjelasannya:

Beton Ringan

Beton ringan merupakan beton yang dibuat dengan menggunakan material agregat dan memiliki bobot yang ringan. Umumnya beton ringan ini juga ditambahkan dengan zat aditif dimana dapat menyebabkan terbentuknya gelembung-gelembung udara yang ada di dalam adonan beton.

Dengan munculnya gelembung udara tersebut maka bisa menyebabkan volume dari beton akan semakin besar sementara berikutnya tetap ringan dibandingkan dengan beton lainnya dengan memiliki volume yang sama. Beton ringan ini umumnya digunakan pada pembangunan dinding yang non struktural.

Beton Non Pasir

Beton ini adalah beton yang proses dari pembuatannya tidak menggunakan material pasir sama sekali. Material utama dari beton non pasir kerikil, semen dan juga air. Hal itu menyebabkan terbentuknya suatu rongga yang isinya adalah sebuah udara yang terdapat pada celah-celah dari Kerikil yang nantinya akan membuat total berat jenisnya pun lebih rendah.

Dikarenakan tidak memakai material pasir maka prosentase dari semen yang digunakan pada badan ini juga akan lebih sedikit. Beton non pasir ini digunakan pada pembuatan struktur ringan kolom dan jenis sederhana seperti bata beton ataupun buis beton.

Beton Hampa

Beton hampa adalah beton yang pada saat ini banyak sekali digunakan untuk sebuah pembangunan terutama pembangunan gedung-gedung bertingkat tinggi. Hal itu dikarenakan beton hampa ini memiliki kekuatan yang cukup tinggi. Dikarenakan adanya proses penyedotan air pengencer adonan maka beton pun dapat dibuat dan dilakukan dengan alat vakum sehingga adonan hanya mengandung air yang tercampur dengan semen saja.

Beton Serat

Beton serat ini terbuat dengan tambahan serat-serat khusus di mana Di dalam adonan beton terdapat seperti asbestos, plastik, kawat baja dan juga material lainnya. Dengan menambahkan serat maka benda tersebut akan menghasilkan dan memiliki nilai kualitas yang cukup tinggi. Hal tersebutlah yang menyebabkan badan ini tidak mudah retak dan juga Rapuh.

Beton Mortar

Beton mortar adalah beton yang terdiri atas mortar, pasir dan juga air. Beton ini memiliki tiga jenis mortar yang saat ini sangat sering digunakan yaitu semen, kapur dan juga lumpur.

Beton Massa

Beton massa adalah penuangan beton yang memiliki kapasitas sangat besar diatas kebutuhan rata-rata. Umumnya beton massa memiliki dimensi yang ukurannya lebih dari 60 cm dengan perbandingan yang dimiliki antara volume dan juga luas permukaan nya pun sangat tinggi. Hal ini juga bisa digunakan dalam pembuatan pilar-pilar bangunan serta pondasi berukuran besar yang juga bisa digunakan untuk material bendungan.

Beton Bertulang

Beton bertulang adalah adukan dari beton yang diberi tulangan di dalamnya yaitu tulangan baja. Penambahan tulangan baja Ini fungsinya adalah untuk meningkatkan kekuatan dari baja terhadap gaya tarik dan juga ductility struktur bangunan. Beton bertulang ini juga sangat cocok digunakan dalam struktur dengan bentangan yang lebar seperti pengerjaan proyek jalan raya, jembatan, plat lantai dan lain sebagainya.

Beton Prategang

Beton prategang ini juga merupakan beton yang memiliki tulangan dan bertulang baja dan diberi tegangan terlebih dahulu sebelum proses pengecoran Jadi beton ini memiliki kekuatan untuk menyangga struktur dengan bentangan yang cukup lebar.

Beton Pracetak

Beton ini adalah beton yang dicetak terpisah diluar area pekerjaan proyek dan umumnya dikerjakan karena terbatasnya lahan area pekerjaan yang ada di suatu tempat proyek itu dikerjakan. Alasan lainnya yaitu merupakan kepraktisan yang ada pada sebuah proyek. Pengerjaan bangunan pun dapat dipersingkat dengan menggunakan baja ini sehingga hal tersebut menjadikannya lebih efektif dan efisien.

Beton Siklop

Beton siklop adalah beton yang menggunakan bahan tambahan agregat dan memiliki ukuran sebesar 15 sampai dengan 20 cm dan berada dalam adonan beton. Petani digunakan untuk meningkatkan daya tahan beton dan digunakan dalam pengerjaan bangunan yang biasanya bersinggungan dengan air seperti jembatan ataupun Bendungan pada sungai.

Seperti yang kita ketahui kini telah banyak beton yang digunakan untuk berbagai macam jenis konstruksi karena seperti yang kita ketahui bahwa beton sendiri memiliki berbagai jenis dan berbagai tipe yang bisa anda pilih sesuai dengan konsumsi yang Anda kerjakan.

Jika Anda saat ini sedang membutuhkan beton pracetak Anda bisa langsung menghubungi kami di kontak yang telah kami sediakan. Karena kami merupakan pabrik beton pracetak yang siap sedia untuk melayani Anda memenuhi kebutuhan beton pracetak sebagai material dalam proses pembangunan.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *