Manfaat & Komposisi Beton Serat Fiber Reinforced Concrete

Sekarang ini konstruksi bangunan sudah banyak yang menggunakan bahan material fiber reinforced concrete. Apakah anda sudah mengetahui produk ini? Lalu apa sebenarnya fiber reinforced concrete itu?

Fiber reinforced concrete merupakan material beton bertulang yang tersusun dari bahan dasar kaca, produk ini memakai serat beton utama dalam facade bangunan eksterior. Pengaplikasian nya banyak dipakai untuk arsitektur pagar panel beton pracetak itu. Selain itu, fiber reinforced concrete dikenal sebagai material yang baik dalam membuat bentuk pada bagian depan setiap bangunan supaya lebih estetik.

Apa saja manfaat dari pengaplikasian fiber reinforced concrete dan komposisi yang terkandung dalam material ini dibandingkan jenis beton lain? Berikut ulasan penting terkait produk Fiber Reinforced Concrete yang perlu anda ketahui.

Komposisi Fiber Reinforced Concrete

Fiber Reinforced Concrete merupakan material beton yang telah di perkuat menggunakan serat gelas berbahan komposit, tentu saja serat ini memiliki kekuatan yang cukup tinggi karena serat yang digunakan tertanam dalam sebuah matriks. Dalam proses produksinya, serat dikondisikan agar dalam metode tetap mempertahankan identitas fisiik kimia yang dapat menghasilkan kombinasi sifat-sifat tidak dapat dicapai dengan salah satu komponen sendirian saja.

Komponen yang dijadikan sebagai pembawa beban pokok sementara adalah area yang dikehendaki dan diorientasi agar bertindak sebagai media transfer dari komponen Fiber Reinforced Concrete. Hal ini lah yang menjadikan produk Fiber Reinforced Concrete banyak memiliki keunggulan dibandingkan jenis beton lain. Tak mengejutkan bila para kontraktor mulai beralih menggunakan produk fiber reinforced maupun reinforced concrete dibandingkan jenis beton biasa.

Manfaat & Kegunaan Fiber Reinforced Concrete

Fiber Reinforced Concrete m dalam material beton yang tersusun dari campuran serat kaca disusun dengan semen, air, agregat halus, campuran kimia, sekaligus campuran glass fibers yang tahan terhadap alkali. Selain itu produk ini juga dapat dibentuk dari beragam kebutuhan ornamen atau kubah yang di desain berlubang. Fiber Reinforced Concrete memiliki sifat karakteristik yang memiliki daya kekuatan tinggi namun tetap ringan karena ukuran yang dihasilkan fleksibel.

Fiber Reinforced Concrete bisa diaplikasikan untuk kebutuhan, baik pada bangunan yang bersifat desain arsitektur dalam bentuk desain kontemporer. Bahkan beberapa, Fiber Reinforced Concrete digunakan sebagai alternatif dalam merenovasi kembali bangunan agar tampak lebih indah. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengaplikasikan Fiber Reinforced Concrete, diantaranya:

  • Bangunan: atap Fiber Reinforced Concrete, dinding dan jendela Fiber Reinforced Concrete, pondasi, renovasi, bangunan modular.
  • Bidang arsitektur : Cetakan Fiber Reinforced Concrete, Cladding DRG, Landskap Fiber Reinforced Concrete, Krawangan Fiber Reinforced Concrete
  • Engineering: permanen bekisting, utilitas, akustik, jembatan, terowongan, drainase air

Pengaruh Fiber (Bahan Serat) Terhadap Peningkatan Kekuatan Beton

Walaupun beton terkenal sebagai material yang kuat dalam menahan beban, faktor kerusakan masih saja sering terjadi. Beton tidak memiliki daya lentur dan ketahanan terhadap faktor cuaca dengan baik. Oleh karena itu, dengan mengaplikasikan fiber bahan serat ini menjadi solusi terbaik untuk menambah daya tahan beton, anda dapat mengaplikasikannya dengan cara mencampurkannya pada adukan beton. Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan agar dapat memilih serat beton yang sesuai sehingga memberikan dampak positif:

  • Ukuran panjang serat yang memenuhi kebutuhan
  • Volume yang dimiliki serat memadai
  • Diameter yang dimiliki serat juga memadai
  • Serat yang digunakan bisa mengikat campuran beton dengan baik satu sama lain
  • Serat yang dipakai harus memiliki sifat kaku maupun elastis tingkat tinggi

Fungsi Fiber pada Beton

Mengaplikasikan serat atau fiber pada campuran beton mengakibatkan dampak positif yang membaik terhadap jumlah defleksi yang berkurang. Dengan menggunakan fiber, beton memiliki kekokohan dan daya lentur yang sangat baik. Struktur yang dimiliki beton tidak akan mudah mengalami kerusakan ataupun resiko runtuh secara tiba-tiba. Beberapa keunggulan produk beton yang telah menggunakan campuran fiber pada materialnya, yaitu:

  • Proses terjadinya respirasi lebih diminimalisir
  • Dapat meningkatkan kemampuan beton dalam menyerap energi
  • Mengurangi resiko terjadinya keretakan pada beton
  • Menambah kelenturan dan kekuatan dari struktur beton
  • Menjadikan material beton tampak lebih kuat dan kaku
  • Beton menjadi lebih kuat terhadap tekanan, tarikan, ataupun daya rusak beton.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga pembahasan ini dapat membuka wawasan Anda terhadap produk beton fiber (fiber reinforced concrete) yang kini mulai banyak tersedia di pasaran. Anda dapat menghubungi kontak kami untuk melakukan pemesanan produk beton sesuai kebutuhan proyek anda.

Ada banyak sekali produk beton pracetak yang kami produksi cocok untuk kebutuhan proyek anda, diataranya: u ditch, box culvert, kanstin, road barrier, pipa betn RCP, car stopper, dlsb. Semua produk ini kami buat dengan mutu beton terbaik diatas K350 sehingga aman dan kuat menghadapi segala perubahan cuaca.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *