Mengenal Jenis-jenis Pipa Drainase

Drainase merupakan sistem yang dibuat untuk saluran air hujan yang dibuat dengan material beton precast dan dicetak dengan desain maupun ukuran tertentu. Saluran ini berguna untuk mengalirkan air hujan dari satu ke tempat lain, bisa juga dimaksudkan untuk aliran air pembuangan perumahan, area industri, dan pabrik. Saluran drainase pracetak, adalah produk saluran beton yang struktur dan cetakannya dibuat dalam sistem fabrikasi.

Ada beberapa syarat yang harus dimiliki oleh pipa drainase sebagai saluran beton ini, diantaranya:

  1. Saluran beton harus dapat dijadikan pipa yang dapat mengalirkan serta meresap air hujan pada kedalaman tertentu.
  2. Pipa drainase beton dapat dipasang dibawah permukaan tanah dan diatas permukaan tanah.
  3. Permukaan pipa drainase beton halus dan memiliki sifat kedap air.

Pipa drainase beton terbuat dari campuran semen, portland, agregat halus, agregat kasar, besi tulangan, dan air. Beberapa produk beton ini ada yang ditambahkan zat aditif tertentu untuk menambah kualitas mutu beton yang dihasilkan dan mempermudah pekerjaan. Ada yang ditambahkan dengan besi tulangan dan tidak. Serta proses pencetakan drainase beton menggunakan plat besi yang telah terbentuk dengan pengaku siku.

Nah, berikut ini adalah jenis-jenis pipa drainase beton untuk saluran air:

U Ditch

U ditch merupakan saluran beton precast yang dimanfaatkan sebagai drainase air di area perumahan. Karena memiliki bentuk seperti huruf u dan materialnya terbuka, seringkali u ditch juga bisa diaplikasikan dengan penutup (cover u ditch). Umumnya saluran u ditch memiliki ukuran lubang 30 x 30 cm sampai 100 x 120 cm. Panjang dari saluran u ditch ini bisa mencapai 1,2 m.

Dalam pengaplikasiannya, anda dapat menyesuaikan ukuran saluran u ditch berdasarkan debit air yang akan dilewati. PT. Megacon Bangun Perkasa juga memproduksi u ditch pracetak ini, jadi bila anda membutuhkannya hubungi kami di kontak yang sudah disediakan.

Box Culvert

Produk beton precast yang termasuk drainase adalah box culvert. Box culvert banyak dipakai sebagai saluran air yang berada di bawah tanah. Banyak orang yang menyebut box culvert ini dengan sebutan gorong-gorong dan buis beton. Box culvert bahkan tidak hanya bisa digunakan sebagai drainase saja, material ini bisa dimanfaatkan sebagai jembatan berskala kecil.

Ukuran box culvert yang banyak dicetak Pabrik Beton mulai dari 100 cm sampai 350 cm. Semakin besar ukuran box culvert yang diproduksi, tentu semakin besar alat angkut yang mampu mengangkat material ini dari pabrik ke lokasi proyek. Box culvert yang digunakan sebagai jembatan bahkan bisa diselesaikan dalam waktu satu malam saja. Material ini sangat mudah dalam pemasangan serta efisien.

Pipa Beton Bertulang

Pipa beton bertulang merupakan jenis saluran drainase yang mempunyai kekuatan lebih. Proses produksinya tidak hanya mengandalkan campuran beton saja, tapi pada bagian struktur telah diberikan kawat sambungan baja yang menjadikannya lebih kuat dan tahan lentur.

Pipa beton bertulang dapat diaplikasikan untuk dibawah permukaan ataupun diatas permukaan tanah. Manfaatnya tentu sama dengan box culvert dan u ditch, perbedaan menonjol yang tampak dari pipa beton bertulang adalah wujudnya yang bulat dan panjang. Pemasangan pipa beton dalam area konstruksi menggunakan spigot dan socket untuk persambungannya.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *