Mengenal Lebih Jauh Tentang Box Culvert

Dalam dunia konstruksi sekarang ini lebih menyukai produk beton pracetak, hal ini dikarenakan memiliki beragam kelebihan. Tersedianya aneka ragam bentuk serta standar produk beton precast membuat kebutuhan konstruksi lebih mudah dipenuhi serta proses pembangunan dapat selesai dengan cepat.

Salah satu produk beton pracetak (precast) yang sudah banyak digunakan untuk insfrastruktur merupakan gorong-gorong Box Culvert. Dengan mengaplikasikan sebuah Box Culvert, anda dapat menikmati Banyak kelebihan yang anda dapatkan.

Definisi atau Pengertian Box Culvert

Box Culvert merupakan suatu material yang salah satunya produk beton Princess dan yang banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan saluran atau gorong-gorong beton. Bentuk yang dimiliki oleh Box Culvert biasanya sesuai dengan namanya, yaitu mirip seperti box dengan wajah kotak atau persegi. Namun seiring berkembangnya zaman, Box Culvert ini dicetak dengan beragam bentuk, beberapa diantaranya yaitu trapesium, bulat, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Sebuah pabrik telah menentukan ukuran serta dimensi yang menjadi standar kekuatan dari Box Culvert. Cara tersusun dari material baja, klorida atau pvc, semen, pasir, polyvinyl, serta bahan lainnya yang dibutuhkan dalam proses pembuatan beton. Pada bagian sisip Box Culvert terdapat sambungan yang biasanya disebut dengan socket serta spigot, di mana keduanya memiliki bentuk seperti pipa serta bersifat kedap air, hal ini menjadikan cocok untuk diaplikasikan pada kebutuhan konstruksi saluran drainase atau saluran air.

Proses pemasangan Box Culvert lebih mudah jika dibandingkan dengan produk beton cor yang dibuat pada lokasi proyek. Langkah awal dalam melakukan pembelian lahan sesuai dengan keperluan, kemudian Anda harus melakukan pelapisan tanah dengan material yang tidak terlalu kasar. Hal ini bertujuan agar sebuah Box Culvert yang diletakkan pada lubang tanah tersebut tidak mengalami pergeseran ataupun kerusakan yang mungkin saja terjadi pada saat proses pemasangan. Kemudian Anda dapat melakukan pemasangan Box Culvert pada lahan galian yang sudah berbentuk garis rapi seperti boxnya.

Proses pemasangan Box Culvert harus dilakukan oleh tenaga kerja profesional dengan kehati-hatian dengan menggunakan bantuan alat berat yang sudah disesuaikan dengan ukuran lebar dari lubang galian anda. Jika Box Culvert telah diletakkan Box Culvert yang lainnya, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu menyambung material beton ini dengan menimbun tanah permukaan nya kembali.

Fungsi & Manfaat Box Culvert

Box Culvert merupakan saluran beton pracetak yang memiliki banyak fungsi serta manfaat dalam dunia konstruksi. Berikut merupakan manfaat yang akan anda dapatkan dengan menggunakan produk Box Culvert beton.

Dapat Diaplikasikan Untuk Kebutuhan Konstruksi Bawah Tanah

Pada saluran air atau saluran drainase, produk Box Culvert ini bahkan bisa digunakan untuk kebutuhan konstruksi bawah tanah. Produk ini mempunyai kekuatan yang sudah terjamin, tidak heran jika produk ini bisa diaplikasikan untuk pembangunan gorong-gorong kereta api, jembatan, terowongan, dan lainnya. Hanya saja produk ini terbatas pada sebuah konstruksi yang lebih pendek. Produk ini hanya biasanya dipakai untuk jembatan serta terowongan dengan panjang yang terbatas.

Sifat yang Kedap Air Tanah

Box Culvert ini cocok diaplikasikan untuk kebutuhan konstruksi bawah tanah. Hal ini dikarenakan memiliki sifat yang kedap air. Saluran air, produk Box Culvert beton ini kedap terhadap air tanah serta tidak merembes. Sifatnya yang seperti ini biasanya dipengaruhi oleh dua jenis sambungan, yaitu sambungan speaker kertas rokok yang berguna untuk menjaga posisi Box Culvert agar tetap menyatu pada setiap sisi serta tidak akan terpengaruh oleh pergeseran tanah di sekitarnya.

Kontruksi Pembangunan Saluran Air Lebih Cepat

Kasus konstruksi saluran air atau drainase yang memanfaatkan produk karya beton akan selesai lebih cepat. Hal ini dikarenakan produk ini diproduksi langsung dari pabrik serta diangkut pada lokasi proyek untuk langsung siap dipasang. Proses pemasangannya pun tidak membutuhkan waktu yang lama dan memiliki waktu yang lebih efisien.

Maka lebih baik anda menggunakan produk Box Culvert beton pracetak dibandingkan produk yang dicetak secara konvensional(proses produksi dalam lokasi proyek). Hal ini dikarenakan produk yang dibuat dari pabrik mempunyai standar mutu kualitas beton yang lebih terjamin jika dibandingkan dengan yang dibuat di lokasi.

PT megacon Bangun Perkasa merupakan perusahaan yang menyediakan produk gorong-gorong beton atau Box Culvert tersebut dengan penawaran harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan perusahaan yang lainnya, jika anda tertarik dengan penawaran kami Anda dapat menghubungi kami pada kolom yang telah tersedia untuk informasi pemesanan.

Metode Pemasangan Box Culvert

Box Culvert terdiri atas gerakan variasi ukuran serta yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan elevasi saluran air atau saluran drainase, material ini dalam proses pemasangannya sudah sesuai dengan kedalaman serta ketinggian yang telah dibatasi. Untuk mempermudah suatu proses pemasangan, biasanya ruang kalian yang dibutuhkan cukup lebar serta dangkal. Pada umumnya Box Culvert hanya digunakan sebagai saluran drainase atau saluran air pembuangan air kotor rumah tangga atau pabrik saja, melainkan Box Culvert juga digunakan sebagai gorong-gorong yang diaplikasikan di Sebuah Jalan Raya, kereta api, peta jembatan yang pendek. Bahan galian yang dibutuhkan untuk melakukan pemasangan Box Culvert tidak membutuhkan suatu gaya yang dalam, proses pemasangan dapat dikerjakan lebih mudah oleh pekerja proyek. Berikut merupakan cara pemasangan Box Culvert pada lokasi proyek yang perlu Anda ketahui:

Ekskavasi Area Jalan yang Akan Dibuat Saluran

Hal pertama yang harus anda lakukan dalam pemasangan Box Culvert merupakan membuat Paris yang ukurannya sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Namun untuk kedalamannya sudah ditentukan oleh pabrik beton pracetak yang memproduksi sebuah Box Culvert tersebut. Anda harus memastikan juga bahwa lebar Parit yang anda buat dapat memudahkan proses pemasangan serta peletakan Box Culvert beton nantinya. Jika proses ekskavasi Area jalan sudah selesai maka sebaiknya dalam menutup lantai area kembalian lahan lahan. Proses pengurukan tanah kembali juga harus memperhatikan sudut kemiringan dari saluran air atau saluran drainase, hal ini dilakukan agar sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat. Jika terdapat air pada Parit atau memang sengaja di Letakkan air pada parit, maka anda harus melakukan dewatering terlebih dahulu. Jadi produk Box Culvert beban ini tidak akan mengapung ketika dipasang pada galian tersebut.

Proses Pelapisan Tanah

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan setelah pembentukan Parit selesai yaitu Anda dapat memberikan pelapisan tanah untuk Box Culvert. Lapisan ini biasanya disesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini dikarenakan memiliki tujuan dari lapisan untuk menjaga permukaan Box Culvert agar benda sampai rusak pada saat proses pemasangan dikerjakan.

Selain itu, manfaat dari pelapisan merupakan mengurangi resiko terjadinya pergeseran pada material. Biasanya pada sebuah kontraktor membuat lapisan untuk galian tanah ini 75 MM, namun jika area tanah keras serta banyak bebatuan maka pelapisan yang dibuat dapat mencapai 150 MM.

Proses Pemasangan Box Culvert

Jika suatu area galian tanah sudah diberikan lapisan maka proses selanjutnya yaitu dengan memasang Box Culvert sesuai dengan barisan box yang telah ditentukan penempatannya. Dalam proses ini biasanya Anda harus memastikan ketinggian serta kemiringan yang sudah sesuai dengan persyaratan pada perencanaan. Kemudian barulah Anda Letakkan spigot pada Hilir serta soket pada hulu Box Culvert.

Langkah Penyambungan Produk Box Culvert

Proses selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan sealant. Hal ini digunakan untuk menghindari resiko terjadinya migrasi pada tanah serta pada air yang berada pada Box Culvert. Sealent terdiri dari suatu material bitumen atau aspal yang bisa diaplikasikan pada bagian atas serta dalam dinding Box Culvert dengan ketebalan 300 MM.

Gelang Box Culvert ditata dengan rapi, langkah selanjutnya Anda bisa melakukan penyambungan dengan box pengisi. Sebelum anda melakukan itu, anda harus mengecek terlebih dahulu kondisi Parit Apakah sesuai dengan peletakan Box Culvert. Penyambungan dapat dibantu dengan rantai atau menggunakan derek rantai Hal ini dilakukan agar dapat membantu proses pengerjaan anda. Kemudian barulah Anda harus meletakkan pengawetan secara bertahap terhadap box satu dengan yang lainnya.

Melakukan Proses Pengurukan Area Kerja Kembali

Jika semua proses diatas sudah anda lakukan dengan benar serta sudah dipasang dengan baik, langkah-langkah langkah yang terakhir yaitu Anda harus melakukan proses pengurukan tanah kembali seperti semula. Pemadatan serta pengurukan tanah tidak boleh sampai merusak atau merubah posisi Box Culvert yang sudah terpasang di bagian dalamnya.

Hal ini ini agar Box Culvert dapat tetap tersambung rapi. Jadi dalam proses ini anda harus berhati-hati untuk melakukannya. Agar produk Box Culvert dapat bekerja secara optimal sebagai saluran air atau saluran drainase di bawah tanah, maka sebaiknya Anda mempercayakan proses pemecahan ini pada tenaga yang sudah profesional dalam bidangnya. Selain itu, produk Box Culvert yang digunakan harus memenuhi standar nasional Indonesia (SNI) harga yang biasanya telah ditetapkan untuk memastikan kualitas mutu beton terjamin.

Cara mendapatkan izin resmi jika anda sedang mencari produk tersebut maka kami merupakan perusahaan beton yang dapat melayani kebutuhan anda. Hubungi kami untuk informasi pemesanan produk yang langsung siap kirim ke lokasi proyek dengan cepat. Kualitas mutu beton yang kami tawarkan merupakan k-350 sampai ke atas. Jadi Jangan meragukan produk kami.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *