Mengenal Precast Concrete (Beton Pracetak)

Beton pracetak atau sering disebut dengan Precast concrete merupakan sebuah produk beton yang telah melalui proses olahan dan perpaduan dalam teknologi konstruksi. Adapun makna lain, beton pracetak merupakan struktur beton yang terdiri dari berbagai macam komponen. Untuk pembuatan beton pracetak, dibutuhkan sebuah proses pencetakan terlebih dahulu pada sebuah wadah khusus.

Untuk para pekerja yang bergelut dalam bidang konstruksi, istilah dan penggunaan beton pracetak memang sudah tidak asing lagi di telinga mereka. Bagaimana tidak? Penggunaan salah satu jenis batuan ini telah digunakan hampir di semua konstruksi pembangunan. Mulai dari konstruksi gedung, perkantoran, mall, rumah bahkan infrastruktur jalan lainnya seperti trotoar dan jembatan. Beragam penggunaan lain sejatinya masih banyak kita temui pada beton pracetak ini.

Proses produksi beton pracetak tidak berlangsung pada sebuah proyek yang akan dikerjakan, namun jauh sebelumnya beton pracetak dihasilkan dari sebuah pabrik khusus. Berbeda halnya dengan beton site mix. Secara umum dalam proyek skala kecil maupun besar pabrik tentu saja akan berusaha memenuhi kebutuhan beton pracetak kepada para konsumennya dengan jumlah dan ukuran tertentu sesuai dengan permintaan.

Apabila beton usaha melalui tahap produksi dan siap untuk dilibatkan dalam proses konstruksi, selanjutnya beton pracetak akan diangkut untuk dibawa menuju sebuah proyek. Nantinya beton pracetak akan dikirim melalui bentuk cetakan yang telah dibagi perbagiannya.

Dalam hal ini, tenaga ahli dan tim profesional akan mengandalkan Sebuah cetakan khusus yang nantinya akan menunjang proses produksi sehingga terbentuklah sebuah kualitas beton yang lebih terjamin kekuatannya. Proses produksinya yang melibatkan atau cetak inilah yang membuat pedang jenis ini disebut beton pracetak di Indonesia.

Manfaat Menggunakan Beton Precast

Efisiensi dan efektivitas merupakan faktor utama Mengapa para konsumen lebih mengutamakan beton pracetak sebagai komponen utama. Jika proses produksi beton yang dilakukan sesuai dengan standar prosedur maka segala proses konstruksi yang dilalui akan berjalan dengan sempurna. Misal, durasi pengerjaan proyek anda akan lebih cepat, estimasi biaya rendah dan kerusakan material yang lebih bisa untuk dihindari.

Keuntungan lain yang bisa anda dapatkan pada penggunaan beton pracetak adalah ah dapat dicetak dalam bentuk custom, meskipun dalam jumlah produksi yang besar-besaran. Dengan demikian maka proses konstruksi si pelaksanaannya menjadi lebih cepat dan efektif, terlebih jika dilakukan proses perakitan di lapangan.

Segudang manfaat yang dihasilkan dari beton pracetak telah mampu membuat produk ini banyak digemari dan diaplikasikan pada semua bidang konstruksi. Jika anda tertarik untuk mendapatkan beton pracetak, silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Nantinya kami akan memberikan sejumlah penawaran berupa variasi beton pracetak sesuai kebutuhan Anda. Apabila anda merasa bingung atau ragu dengan opsi yang anda pilih, jangan segan-segan pertanyaan lebih lanjut. Dengan senang hati kami akan membantu anda memberikan penawaran beton pracetak berkualitas dengan harga terbaik.

Penggunaan Beton Pracetak

Beton merupakan sebuah komponen yang bersifat fundamental dimana proses pembuatannya dilakukan pada area pabrik. Oleh sebab itu maka perlu persyaratan khusus serta mutu kendali yang dilakukan secara ketat.

Apabila beton telah melalui proses pengawasan tersebut, maka produk siap untuk dikirimkan untuk selanjutnya digunakan pada proyek tertentu sesuai lokasi yang disediakan konsumen. Beton akan diangkut dalam bentuk potongan-potongan, kemudian ketika setelah sampai di lokasi, maka dilakukan proses perakitan oleh para pekerja di lapangan. Tentu saja proses pekerjaan konstruksi akan lebih cepat jika penerapan metode tersebut benar-benar dilakukan sesuai prosedur.

Berikut ini beberapa jenis pada beton pracetak, diantaranya:

  • Lempengan untuk elemen
  • Sebagai batu buatan yang berfungsi untuk estetika eksterior (biasanya pada gedung-gedung perkotaan)
  • Untuk proses pemasangan paving
  • Elemen linier berupa bingkai dan balok kolom
  • Sebagai penahan dinding, gorong-gorong, saluran air, trotoar dan beragam bangunan sipil yang lain
  • Struktur parkir
  • Penggunaan lantai pada beton pracetak
  • Komponen pendukung pada tiang listrik atau tangga

Kolam beton pracetak yang nantinya akan dipasang pada sebuah panel agar memiliki kesan ruang terbuka dan perubahan besar. Biasanya sering terjadi di bangunan kantor untuk mempercantik desain arsitekturnya.

Karakteristiknya yang mampu tahan terhadap api dan juga mampu meredam suara membuat produk beton pracetak ini ramai digunakan pada seragam bangunan. Mulai dari rumah, asrama, apartemen hingga hotel bintang 5. Segala kelebihan yang dimiliki pada beton pracetak ini telah menyebabkan perkembangan dunia konstruksi secara besar-besaran.

Jika anda tertarik untuk menggunakan beton pracetak berkualitas terbaik, maka segera hubungi kami untuk mendapatkan harga terjangkau. Kami akan membantu anda memberikan penawaran produk beton Precast atau beton pracetak sesuai kebutuhan yang nantinya akan anda gunakan. Saya akan segala kebutuhan material beton Anda pada kami, hanya di PT. Megacon Bangun Perkasa.

Keunggulan Beton Pracetak atau Precast concrete

Berikut ini sejumlah kelebihan atau keuntungan yang akan didapatkan jika menggunakan beton pracetak, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Estimasi pengeluaran biaya akan lebih kecil seiring dengan akurasi dan kualitas dalam proses produksinya
  • Proses pengerjaan sebuah konstruksi dapat berjalan lebih singkat daripada sebelumnya (yang masih menggunakan beton buatan sendiri di lokasi konstruksi atau disebut dengan metode tradisional)
  • Kebisingan dan akumulasi debu dalam proses pembuatan beton pracetak akan lebih diminimalisir, karena segala tahap-tahap produksinya dilakukan di area pabrik.
  • Beton yang diproduksi pada perusahaan kami memiliki kualitas dan mutu yang terjamin. Karena produk beton pracetak adalah salah satu bagian dari produk khusus yang diproduksi pada perusahaan kami. Kualitasnya pun telah teruji dari waktu ke waktu.
  • Mampu meningkatkan keselamatan saat proses konstruksi
  • Perlindungan terhadap konstruksi bangunan akan lebih terjamin mengingat karakteristik beton pracetak yang kami hasilkan mampu bertahan dari kondisi-kondisi yang tidak diinginkan. Seperti kebakaran, gempa ringan dan banjir bandang.Daya tahan beton yang dihasilkan sangat tinggi. Tentu saja hal ini tidak lepas dari penggunaan bahan baku yang diterapkan serta pengawasan kualitas produk akan jaminan mutu terbaik. Maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan kembali jika beton tradisional mutunya jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan beton pracetak yang diproduksi dari kami.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *