Metode & Cara Pemasangan Kanstin Beton

Produk beton pracetak yang digunakan sebagai batas untuk konstruksi jalan atau paking disebut sebagai kanstin beton. Menggunakan kanstin beton pada jalan dapat memperlihatkan perbedaan jalur kendaraan bermotor dengan jalur pejalan kaki atau pedestrian. Memiliki fungsi lain yaitu sebagai bingkai dari jalur paving agar paving tidak mudah bergeser dan tidak mudah berubah bentuk.

Seperti yang kita ketahui bahwa tingginya mobilitas menjadikan konstruksi pada kanstin yang ada di jalanan sering mengalami kerusakan. Kerusakan yang sering dialami diantaranya seperti tidak rata atau bahkan terlepas dari jalurnya yang ada. Maka hal tersebut dapat berdampak negatif baik untuk orang disekitarnya ataupun bagi pengguna jalan. Maka dari itu pemasangan dari castin terutama untuk trotoar Jalan harus di selalu diperhatikan. Berikut ini beberapa cara pemasangan dari kanstin untuk trotoar jalan yang bisa anda ketahui.

Drainase

Hal utama yang dilakukan adalah untuk persiapan drainase karena setiap konstruksi jalan tentunya membutuhkan drainase yang berfungsi untuk membuang air jatuh yang ada pada jalan dan untuk menghindari genangan air yang bisa merusak posisi jalan.

Alas Kanstin

Pembuatan alas pada kanstin tentunya harus memperhatikan permukaan tanah terlebih dahulu karena permukaan tanah tersebut harus memiliki ketebalan minimal 150 MM. Hal tersebut dikarenakan agar gasing yang sudah terpasang nantinya tidak mudah turun ataupun tenggelam.

Penempatan

Jika pembuatan alas telah selesai dilakukan maka kanstin bisa diletakkan di bagian atasnya yang mana prosesnya hampir sama dengan peletakan bata beton dengan menggunakan benang untuk meluruskan peletakannya.

Haunching

Selanjutnya adalah pembuatan haunching yang mana diperlukan untuk mewujudkan steam agar tidak bergeser dan jika salah meletakkan dan bergeser maka akan merusak produk.

Finishing

Terakhir adalah penggunaan dari mortar untuk menyelimuti kanstin sebagai media perekat. Ketebalan dari mortar tersebut adalah 12 mm hingga 20 mm.

Dengan mengetahui cara pemasangan kanstin untuk trotoar yang baik dan benar maka anda bisa mengantisipasi hal buruk yang bisa saja terjadi dari pemasangan tersebut.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *