Metode & Proses Pembuatan Buis Beton / Pipa Beton

Pada tahun 1984 masih belum banyak berdiri pabrik beton, tidak seperti saat ini yang telah banyak berdiri pabrik beton untuk membantu dan mempermudah pembangunan. Beton sendiri memiliki fungsi yaitu sebagai material yang bisa digunakan untuk membangun segala jenis infrastruktur bangunan seperti gorong-gorong, jembatan, tiang pancang pada sebuah bangunan dan masih banyak lagi.

Kini juga terdapat berbagai macam cara pembuatan beton yang dapat dilakukan secara otomatis atau dengan mesin dan juga secara manual. Lalu bagaimana cara memproduksi sebuah pipa beton yang dibuat secara manual. Berikut ini sedikit ulasan mengenai proses produksi pipa beton yang dilakukan secara manual.

Kini juga terdapat berbagai macam cara pembuatan beton yang dapat dilakukan secara otomatis atau dengan mesin dan juga secara manual. Lalu bagaimana cara memproduksi sebuah pipa beton yang dibuat secara manual. Berikut ini sedikit ulasan mengenai proses produksi pipa beton yang dilakukan secara manual.

Proses Produksi Pipa Beton Secara Manual

Ada beberapa tahap yang harus dilakukan untuk membuat dan memproses pipa beton yang dilakukan secara manual yaitu anda perlu mempersiapkan cetakan berupa beton yang sesuai dengan diameter yang akan digunakan, pada sisi dalam cetakan beban juga harus diolesi dengan oli bekas terlebih dahulu agar proses cetaknya jauh lebih simpel dan mudah lalu Anda perlu menambahkan alas pada suatu cetakan supaya pendapatan tersebut tidak lengket di tanah.

Anda perlu mempersiapkan dan memulai perpaduan 6 ember pasir yang bersuhu lembab dan 1 ember semen, lalu aduk secara merata pasir dan semen tersebut. Selanjutnya adalah menuangkan campuran yang sudah diaduk tersebut dengan perlahan ke dalam cetakan yang dilanjutkan dengan menekan adonan campuran tersebut hingga memadat.

Anda bisa mengulangi secara diatas sesuai dengan kebutuhan jumlah pipa beton yang akan anda buat. Langkah selanjutnya setelah itu adalah keringkan semua adonan pipa beton yang telah dicetak sekitar 15 menit. Cetakan dari perbuatan tersebut dapat dilepas secara perlahan dan penuh hati-hati. Sebagai tambahan informasi untuk pipa beton yang memiliki kapasitas besar maka dibutuhkan durasi produksi selama 7 hari sebelum akhirnya bisa digunakan dan diaplikasikan pada suatu bangunan.

Dengan semakin berkembangnya teknologi maka proses produksi pada pipa beton ini apalagi yang dilakukan secara manual mulai ditinggalkan karena caranya yang cukup rumit dan membutuhkan waktu yang agak lama. Maka dari itu kini telah banyak berdiri pabrik produsen beton yang yang tentunya membuat pipa beton dengan menggunakan peralatan dan mesin yang lebih canggih.

Tentunya waktu pembuatan pun akan semakin singkat dan anda yang membutuhkan pipa beton dengan segera akan terpenuhi. Dengan adanya kuantitas produksi yang lebih banyak dan juga kualitas produk maka pipa beton buatan pabrik pun semakin banyak diminati.

Proses Produksi Pipa Beton Dengan Teknologi Canggih

Pada sebuah pabrik beton Terdapat 4 teknologi yang diterapkan dalam proses produksi pipa beton yang ada di Indonesia. Berikut ini beberapa proses produksi pipa beton yang dilakukan dengan teknologi tercanggih masa kini.

Sentrifugal / Wet Spinning

Pada proses sentrifugal ini pipa beton 2 dengan cara perputaran berkecepatan tinggi. Caranya yaitu suatu mould letakkan pada dua pasang yang tepat berada di atasnya nya. Lalu dilanjutkan dengan roda besi tersebut dilakukan menggunakan motor penggerak agar bisa berotasi dengan kecepatan putar yang sudah diatur oleh operator.

Gaya sentrifugal ini atau juga bisa disebut dengan perputaran berlangsung dan berkekuatan 10 kali lebih kuat dari gaya gravitasi bumi. Jadi proses pencetakan dari pipa beton akan menjadi lebih cepat dan tanpa menunggu waktu lama.

High Vibration Vertical Cast

Cara pembuatan pipa beton selanjutnya yaitu dengan menggunakan High Vibration Vertical Cast dimana proses produksi pada beton ini menggunakan mesin penggetar. Terdapat outer dan inner mould yang ada pada cetakan dari pipa beton jenis ini.

Keduanya adalah tabung yang memiliki wujud vertikal dan terpasang 3 komponen penggetar yang berfrekuensi tinggi yang telah menempel secara eksentrik pada inner mouldnya. Jadi beton yang diproduksi akan lebih cepat padat dan bisa langsung digunakan. Sampai dengan saat ini teknologi tersebut semakin banyak digunakan dan dikembangkan di beberapa negara Eropa. Walaupun pada akhirnya tak sedikit juga beberapa negara lainnya perlahan-lahan meninggalkan.


Packer Head

Packer Head adalah salah satu metode yang paling canggih dalam proses pembuatan pipa beton. Prinsip kerja dari packer head ini memadukan antara sistem perputaran dan juga vertikal cast. Mould yang diletakkan secara vertikal yaitu mould itu pada bagian Sisi luarnya saja. Lalu pada bagian batang roller yang terdapat ujung berupa sepasang roda besi berputar dengan kecepatan tinggi.

Selain berputar, batang roll juga memiliki gerakan dari atas ke bawah. Hal ini bertujuan agar dinding pipa berubah menjadi zat padat ketika mulai memasuki proses penekanan yang berasal dari ujung roller tersebut. Mesin pa incker head ini juga dikendalikan secara otomatis dan tentu saja jauh lebih menghemat biaya kerja. Saat ini teknologi packer head telah banyak berkembang di negara Amerika Serikat dan juga Eropa.

Roller Suspension

Setelah teknik dan teknologi dari sentrifugal yang mulai ditinggalkan kini telah muncul teknologi roller suspension yang penemunya merupakan kewarganegaraan Australia. Terdiri dari 2 orang yakni Clark dan juga Robert. Teknologi ini mampu merotasi mould ini selayaknya teknologi centrifugal namun yang cukup berbeda yaitu peletakan dari mould yang tidak berada di permukaan atas ataupun roda besi namun digantung pada sebuah batang Roller yang nantinya bisa berotasi searah dengan mould.

Teknologi ini perputarannya tidak secepat dengan teknologi roller sentrifugal. Tidak heran jika proses yang menggunakan tumbukan antara beton dan yang diproduksi dengan batang roll agar menjadi benda padat. Sampai saat ini teknologi tersebut masih banyak ditemukan di beberapa benua seperti Asia dan juga Australia. Teknologi ini juga dapat dengan mudah ditemukan di berbagai negara maju lainnya seperti Perancis dan Cina.

Proses Instalasi Saluran Air pada Pipa Beton

Setelah anda memahami teknologi produksi pada pipa beton yang terus menerus berkembang dari masa ke masa, maka pastinya juga anda perlu mengetahui bagaimana sistem pembuatan saluran air pada suatu proyek yang menggunakan pipa beton sebagai materialnya.

Berikut ini terdapat sejumlah prosedur dan juga metode yang harus dikerjakan dalam pembangunan dan penginstalasian saluran air dengan menggunakan pipa beton. Proses instalasi ini juga sudah sesuai dengan standar prosedur yang telah ditetapkan.

  • Asphalt Cutter – proses pertama yaitu apabila terdapat lapisan aspal yang nantinya akan digali maka pihak pekerja juga harus melaksanakan asphalt cutter. Proses ini merupakan proses dimana perlu memotong aspal saja tanpa merusak bagian aspal lain yang tanahnya tidak digali.
  • Penggalian – proses ini merupakan proses yang dilaksanakan dengan melakukan penggalian tanah. Proses ini berjalan dan memakan waktu cukup lama karena terdapat lajur pipa air atau kabel yang tertanam di dalam tanah. Maka dari itu bekerja hari ini juga cukup hanya dilakukan sekali mengingat proses dari kegiatan tersebut dapat mengganggu Kegiatan warga sekitar lingkungan penggalian. Di saat mengerjakan proses tersebut, maka sebaiknya Anda perlu menentukan terlebih dahulu ukuran kedalaman yang nantinya akan digali. Hal tersebut juga harus disesuaikan dengan diameter dari saluran air yang akan digunakan.
  • Pemasangan lantai – lantai ini berfungsi sebagai Alas untuk pipa beton
  • Pemasangan pipa beton – pemasangan pipa beton ini dilakukan setelah Lantai sudah mengering dan mengeras
  • Dinding sayap – agar pipa beton berada pada tempat semula dan tidak bergerak maka perlu dirancang sebuah dinding
  • Penutupan – proses ini merupakan proses yang dilakukan terhadap permukaan tanah dan merupakan proses akhir dari serangkaian metode-metode pemasangan pipa beton.

Ulasan di atas mengenai proses pembuatan dan juga pemasangan pipa beton dari masa ke masa bisa menjadi referensi bagi anda. Jadi, kini anda tidak perlu bingung lagi untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan dari pipa beton dan juga cara pemasangannya yang sesuai dengan ketetapan dan prosedur yang sudah ada.

Dengan memasang pipa beton secara benar sesuai prosedur maka akan didapatkan hasil yang maksimal dan juga akan mengurangi kerusakan dalam proses pemasangan dari pipa beton tersebut.

Jika Anda saat ini sedang membutuhkan pipa beton untuk material pembangunan pada proyek yang sedang Anda jalankan, anda bisa langsung menghubungi kami. Kami merupakan pabrik beton yang menyediakan berbagai macam material beton seperti beton pracetak.

Tidak hanya menyediakan pipa beton tetapi kami juga menyediakan produk lainnya seperti box culvert, kanstin beton, u ditch dan masih banyak lainnya. Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk apa saja yang kami miliki dan spesifikasi serta ukuran beton yang kami tawarkan, maka anda dapat menghubungi kami di kontak yang telah kami sediakan.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *