Pemanfaatan Teknologi Anti Korosi pada Beton

Beton merupakan salah satu produk konstruksi yang memiliki kualitas sangat kuat dan juga sangat sulit untuk berkarat. Meskipun begitu namun material beton juga ternyata masih berpotensi terkena korosi ataupun karat sebagaimana biasanya terjadi pada struktur baja umumnya.

Sekarang kita akan membahas mengenai korosi yang juga akan berfokus pada akibat dari proses kimia yang berlangsung dari bagian dalamnya jadi sangat wajar jika produk beton pun akan memiliki potensi terkena resiko korosi ataupun karat.

Berikut ini merupakan beberapa struktur beton yang sangat mudah terkena resiko korosi ataupun karat di antaranya yaitu:

  • Struktur beton yang posisinya diletakkan di dalam tanah misalnya adalah pembangunan basement, pondasi, terowongan dan masih banyak lagi.
  • Struktur beton dengan pengaplikasian di area laut misalnya adalah dermaga, jetty, platform Offshore.
  • Struktur beton yang mengaplikasikannya di tempat ataupun di area yang karbondioksida tinggi

Produk beton yang saat ini paling banyak mengalami resiko terjadinya korosi merupakan beton yang diletakkan pada bagian permukaan bawah dermaga. Hal tersebut dikarenakan material beton membentuk ettringite yaitu reaksi kimia di mana antara unsur kalsium di dalam beton dengan garam sulfat yang ada dari luar beton.

Seperti halnya pada material karet besi di mana ettringite bisa mengakibatkan volume beton lebih berkembang. Jika hal tersebut dibiarkan bisa saja lama-kelamaan massa dari beton akan menjadi pecah dan terdesak.

Tips Agar Struktur Beton Kuat & Tahan Lama

Seperti yang kita ketahui bahwa produk beton yang mengalami suatu kejadian seperti korosi pastinya akan berdampak buruk pada struktur bangunan maupun juga pihak-pihak yang terlibat dalam pembangunan proyek tersebut. Tidak hanya dengan menggunakan massa beton saja namun kerusakan tersebut juga dapat menyebabkan biaya perbaikan di saat proses pembangunan berjalan lebih besar atau proyek besar.

Dengan melakukan perencanaan dan perancangan untuk selubung dari beton dengan tingkat ketebalan tertentu maka hal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan area dari lingkungan yang diaplikasikan. Misalnya saja jika anda hendak untuk meletakkan beton di area yang semakin bersifat korosif maka dari itu semakin tebal selimut beton yang harusnya digunakan.

Jika Anda saat ini belum bisa mengatasi hal tersebut maka anda dapat menerapkan beberapa poin berikut yang mana membuat struktur beton yang dapat dirancang dengan kekuatan anti korosi dan juga bisa bertahan lama.

  • Anda perlu memilih material agregat penyusun beton yang berbahan dasar produk atau material berkualitas
  • Anda perlu melakukan pengontrolan pada lebar retak ketika proses pada versi slot. Besar kecilnya dari retak tersebut dapat menjadi dan bisa saja terjadi pada beton yang mana kondisi tersebut dapat mengakibatkan korosif ataupun tidak.
  • Anda dapat mengaplikasikan teknologi yang paling canggih agar dapat melindungi beton dan juga tulangan dari korosi.

Teknologi Anti Korosi Pada Beton

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa terdapat beberapa teknologi rekomendasi untuk anda sebagai cara untuk menjaga kualitas dari beton sehingga dapat terhindar dari korosi. Berikut ini teknologi yang perlu Anda ketahui:

Everdure Caltite

Teknologi pada beton ini sangat berguna untuk integral waterproof di mana produk beton yang dapat mengaplikasikan teknologi agar lebih kedap terhadap air. Metode dari penggunaannya pun lebih praktis karena hanya cukup mencampurkan ke dalam adonan beton di awal pembuatannya. Terdiri dari komposisi yang campurannya sangat disarankan untuk menggunakan produk ini yaitu sebesar 30 liter per m3.

Dikarenakan produk beton ini menggunakan campuran kedap air maka kebutuhan material ini juga digunakan untuk area yang bertekanan air sangat tinggi sehingga dapat mencapai lebih dari 4 meter. Material ini juga dapat digunakan pada lingkungan yang memiliki bahan pemicu terjadinya korosi dengan konsentrasi tingkat yang cukup tinggi.

Corrproof

Fungsi dari teknologi ini sama dengan teknologi Everdure Caltite gimana menjadikan sebuah produk beton yang lebih tahan terhadap korosi dan juga kedap terhadap air. Perbedaannya hanyalah pada takaran campurannya yang disarankan untuk memakai sekitar 20 liter air untuk kebutuhan per m3 pada beton tersebut. Selanjutnya adalah proses perpaduan bahan yang nantinya akan menaikkan kualitas dari beton. Tak hanya menggunakan bahan campuran beton namun produk ini juga dapat diaplikasikan untuk kebutuhan mortar pada saat proses perbaikan beton.

RAPIDARD CF

Rapidard biasanya digunakan untuk teknologi pada suatu proses perbaikan struktur beton yang diaplikasikan di daerah lautan pasang surut yang mana segala proses dari perbaikan tersebut harus bisa diselesaikan dalam waktu yang cukup singkat. Misalnya saja pada proses perbaikan pile cap dermaga dan juga selimut pada beton.

Untuk memenuhi kebutuhan ini maka diperlukan Rapidard CF yang biasanya menggunakan zat aditif semen dengan teknologi chloride free. Sehingga proses untuk penyelesaian pun tidak membutuhkan waktu yang lama dan juga Proses pengeringan pun akan sangat cepat.

Calcure B*R

Sulfat dan juga klorida merupakan penetrasinya air yang penyebab utamanya dari timbulnya korosi pada beton. Karena sulfat sendiri dan juga klorida bisa masuk pada bagian retakan atau celah-celah yang ada pada beton dengan sangat mudah. Beton yang memiliki retakan dapat terjadi karena proses hidrasi atau penguapan air yang terbilang cukup cepat jadi dapat membuat ukuran beton itu semakin menyusut.

Dalam hal ini menggunakan Calcure B*R merupakan cara terbaik untuk melakukan perawatan pada beton. Calcure B*R sendiri akan membentuk lapisan tipis pada bagian di permukaan beton sehingga Ada kemungkinan beton mengalami penguapan dan juga keretakan yang tidak akan terjadi. Metode untuk melapisi beton dengan Calcure B*R ini sangatlah mudah karena caranya hanya perlu proses penyemprotan ataupun penguasan pada area beton yang ingin dilindungi.

Artikel di atas merupakan penjelasan mengenai teknologi yang digunakan untuk menghindari korosi yang terjadi pada beton. Teknologi tersebut saat ini juga masih digunakan oleh banyak kontraktor pembangunan sehingga dengan mengetahuinya Anda bisa menjadi lebih paham Bagaimana cara menghindari korosi yang bisa saja terjadi pada beton yang anda miliki.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *