Pemasangan U Ditch & Cover U Ditch

U ditch merupakan salah satu produk beton yang dimanfaatkan sebagai saluran air. Bentuk yang ia miliki serupa dengan huruf u, dan diberi penutup (cover u ditch) sesuai dengan kebutuhan.

Karena termasuk ke dalam produk beton precast, pastinya material penyusun u ditch ini terdiri dari campuran beton: semen, pasir, air, batu split, besi wiremesh, dan cairan pengeras beton. Cetakan yang digunakan untuk membentuk u ditch terbuat dari plat besi dan pengaku dari tripleks yang kuat, kemudian di perkuat lagi dengan kerangka kayu.

Secara umum, u ditch bermanfaat sebagai saluran air hujan dan air kotor pembuangan rumah tangga. Pengaplikasiannya kini telah menggantikan got konvensional.

Metode Pelaksanaan Pemasangan U Ditch & Tutup U Ditch

Jika anda hendak melakukan proses pemasangan saluran drainase dengan u ditch, maka sebaiknya Anda mengetahui dulu tahapan proses pengerjaannya. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam pekerjaan pemasangan saluran drainase u ditch:

1. Melakukan pengukuran pada area galian

Langkah pertama yang dilakukan sebelum memasang saluran drainase ini adalah melakukan proses pengukuran area kerja. Pengukuran sebaiknya dilakukan dengan panjang pekerjaan elevasi. Elevasi yang tercantum dijadikan shop drawing kemudian dipraktekkan pada area lapangan dengan patok tengah bowplank.

2. Melakukan galian tanah

Setelah proses pengukuran selesai, anda dapat melakukan penggalian tanah dengan bantuan alat berat seperti blackhoe atau ekskavator. Proses penggalian tanah ini harus dikontrol dengan baik agar air elevasi kemiringan u ditch sempurna. Anda dapat memberikan penanda elevasi galian tanah dengan media patok supaya posisi tidak berubah

3. Pembuangan tanah sisa-sisa galian

Jika proses penggalian tanah sudah selesai maka langkah selanjutnya adalah membuang semua tanah-tanah sisa dari galian ke luar area proyek. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu lalu lintas kendaraan yang lalu lalang di sekitar proyek. Anda bisa menyisahkan beberapa galian tanah tersebut untuk digunakan saat proses pengurukan u ditch kembali.

4. Proses pengurukan dengan bantuan sirtu

Jika galian sudah dibuat sampai dengan ukuran 7,2 meter, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan mengurug sirtu. Proses pengurukan tanah ini bisa menggunakan tenaga kerja manusia langsung, akan tetapi pekerjaan bisa lebih cepat selesai dengan bantuan blackhoe atau ekskavator.

5. Proses pembuatan lantai kerja

Lantai kerja yang dibuat rata-rata memiliki ukuran sampai 50 mm dengan kualitas mutu beton K 125 atau bisa disebut dengan BO. Manfaat pembuatan lantai kerja ini dapat mengontrol elevasi pada permukaan saluran drainase. Jadi ketika u ditch dipasang bagian elevasinya bisa anda aplikasikan dengan baik.

6. Pemasangan beton pracetak u ditch

Proses pemindahan u ditch yang berasal dari stock yard ke area pemasangan dapat dibantu dengan forklift. Karena bobot yang dimiliki u ditch tergolong berat, dan forklift menjadi alat berat yang bisa mengangkatnya dengan mudah. Pemasangan sebaiknya dilakukan setelah proses cor lantai kerja selesai minimal sehari. Target pemasangan u ditch setiap hari bisa sampai 7 meter lari. Setelah proses pemasangan u ditch selesai anda dapat memberikan tutup u ditch pada bagian atasnya.

Dengan menggunakan cover u ditch, dapat memberikan perlindungan pada posisi beton pracetak ini agar tidak bergeser ke samping saat proses pengurugan kembali. Sudah sangat jelas jika u ditch adalah produk beton saluran air yang dapat dimanfaatkan untuk segala kondisi.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *