Penerapan Pipa Beton / Buis Beton pada Teknik Sipil di Indonesia

Dengan semakin berkembangnya dunia teknologi dari zaman perang dunia ke-2 hingga sampai saat ini terus berjalan dengan cepat. Terdapat berbagai macam fasilitas dan juga infrastruktur yang turut berkembang pesat dengan mengikuti kemajuan dan perkembangan zaman.

Zat ini juga terdapat kegunaan bahan-bahan alami yang tidak begitu digunakan manusia seperti pemilihan material konstruksi dimana manusia saat ini lebih memilih menggunakan bantuan mesin modern agar pembuatan dari infrastruktur tersebut lebih bagus dan juga lebih mudah sehingga dapat diproduksi dalam jumlah yang banyak.

Pipa beton adalah salah satu dari sekian banyak material yang digunakan pada saluran air yang kini telah tersedia dalam bentuk siap digunakan. Material ini juga merupakan salah satu material modern yang saat ini sangat populer pada bidang konstruksi.

Menggunakan pipa beton ini dapat diaplikasikan untuk pembangunan skala kecil maupun skala besar. Semuanya sesuai dengan kebutuhan anda Lalu Anda juga bisa mendapatkan keunggulan dari pipa beton ini jika digunakan. Hal tersebut tidak mengurangi penggunaan saluran air pada pipa beton memiliki prinsip utama sebagai wadah atau tempat air mengalir mulai dari hulu hingga Hilir.

Penerapan Teknologi Produksi Pipa Beton

Pada tahun 1984 adalah tahun Dimana pabrik beton belum ramai berdiri di Indonesia. Saat ini pembuatan dari pipa beton masih cenderung menggunakan sistem manual yaitu dengan cara memasukkan semen dan pasir pada dua buah cetakan yang bentuknya yaitu lingkaran dalam dan luar.

Begitu juga dengan proses dari pemadatan adegan yang biasanya masih menggunakan tenaga manusia. Kemudian berlanjut di tahun 1999 di mana banyak pabrik sudah berdiri dan menggunakan teknologi yang beraneka ragam. Berikut ini beberapa teknologi yang digunakan dalam pembuatan pipa beton di Indonesia:

High Vibration Vertical Cast

Pipa beton dapat dicetak menggunakan mesin penggetar dimana cetakan tersebut terdiri dari dua komponen penting yaitu inner mould dan juga outer mould. Kedua komponen tersebut sama-sama berbentuk menyerupai tabung panjang. Sampai dengan saat ini penggunaan dari teknologi ini masih digunakan di berbagai negara khususnya wilayah Eropa. Meskipun semakin bertambahnya waktu banyak sekali pabrik modern yang menganggap teknologi ini sudah sangat ketinggalan zaman.

Wet Spinning / Sentrifugal

Pembuatan pipa beton menggunakan teknologi ini merupakan teknologi yang memiliki gaya perputaran cukup tinggi atau biasa juga disebut dengan sentrifugal. Langkah awalnya yaitu suatu mould ditempatkan pada dua pasang dia kemudian digerakkan dengan motor roda besi tersebut hingga muncullah molekul-molekul yang ada di dalam dan ikut berotasi sesuai dengan tingkat kecepatan yang sudah diatur. Proses dari perputaran ini sangat efektif menghasilkan 10 kali gaya gravitasi bumi sehingga tidak memakan waktu yang banyak dalam proses produksi.

Pada saat proses pemadatan beton maka posisi dari mould memiliki posisi secara vertikal dan tidak horizontal. Teknologi ini juga merupakan hasil inovasi pria berkebangsaan Australia yang pertama Homes. Saat ini teknologi sentrifugal telah dikembangkan di berbagai negara seperti negara Eropa Asia dan juga Australia dan lebih khususnya lagi banyak digunakan di negara Jepang.

Roller Suspension

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini metode menggunakan sentrifugal agak sedikit ditinggalkan karena telah muncul teknologi baru yaitu roller suspension. Teknologi tersebut adalah hasil karya dari 2 pria berkebangsaan Australia dan mereka bernama Clark dan Robert.

Memiliki prinsip kerja yaitu hampir sama dengan teknologi sentrifugal yaitu sama-sama menggunakan mould, perbedaannya yaitu pada alat letaknya yang diletakkan pada permukaan atas roda besi yang digantungkan pada batang roller.

Saat batang roller berotasi maka mould tersebut juga ikut berotasi dengan kecepatan yang bisa makan. Kecepatan itu tidak terlalu kencang seperti teknologi sentrifugal. Dengan begitu maka proses antara tumbukan batang roller dan juga beton itu akan menjadi proses pemadatan.

Teknologi ini hanya memiliki kekuatan 2 hingga 4 kali gaya gravitasi bumi saja untuk menjaga kualitas beton agar tidak terjatuh pada saat proses pencetakan. Hingga sampai saat ini teknologi dari roller suspension masih tetap digunakan di berbagai negara seperti negara di Asia Australia dan juga negara Perancis.

Packer Head

Memiliki perpaduan teknologi sentrifugal dan juga vertikal cast yang mana akan menciptakan sebuah metode terbaru yang bernama packer head. Teknologi ini merupakan salah satu inovasi terakhir dari perkembangan pembuatan pipa beton.

Cara kerja dari metode ini pun dimulai dari meletakkan posisi mould isi secara vertikal namun posisi dari mould ini tidak terpasang. Hanya mould yang ada pada bagian luarnya saja yang masih digunakan. Batang Roller yang memiliki ujung berupa kedua pasar roda besi nantinya akan berputar dengan kecepatan tinggi dan akan bergerak secara vertikal dari bawah ke atas. Maka dari itu pipa beton akan memadat setelah melalui proses ini atau proses penekanan yang berasal dari ujung roller tersebut.

Pada kegunaannya mesin ini dapat dikontrol secara otomatis hingga membuat kebutuhan terhadap tenaga dapat diminimalisir. Sampai dengan saat ini teknologi dari packer head telah banyak dikembangkan di beberapa negara seperti Eropa tak ketinggalan juga Amerika Serikat yang juga turut meramaikan untuk menggunakan teknologi ini.

Kita telah mengetahui berbagai macam metode pembuatan dari pipa beton dari waktu ke waktu yang saat ini ada yang masih digunakan ataupun sudah tidak digunakan. Maka dari itu kini hadir berbagai macam jenis dari pipa beton yang dapat kita temui dan dapat kita gunakan sesuai dengan kebutuhan pembangunan infrastruktur yang sedang Anda jalankan.

Anda dapat dengan mudah menemukan pipa beton dengan berbagai macam jenis di tempat kami. Karena kami merupakan pabrik beton yang menyediakan berbagai macam kebutuhan beton pracetak yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan pembangunan anda. Segera hubungi kami untuk mendapatkan info lebih lanjut mengenai spesifikasi hingga harga dari masing-masing produk beton yang kami jual.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *