Pengertian & Fungsi Box Culvert Precast

Salah satu jenis beton pracetak yang biasa digunakan untuk konstruksi saluran air dan untuk konstruksi gorong-gorong disebut sebagai box culvert. Box culvert sendiri adalah material beton pracetak yang memiliki bentuk persegi atau kotak dengan berbagai macam ukuran yang dapat ditentukan sesuai dengan kebutuhan. Ada berbagai macam ukuran dan juga dimensi yang dimiliki oleh standar pabrik dengan menyesuaikan perkiraan debit air yang sedang mengalir.

Material pembuatan dari box culvert sendiri adalah dengan menggunakan baja, klorida atau pvc, polivinil dan juga bahan pembuatan beton yang ada pada umumnya seperti semen sehingga air. Box culvert memiliki bentuk persegi dengan sambungan di setiap Sisinya untuk dipasangkan dengan box culvert lainnya. Sambungan tersebut dapat disebut sebagai sambungan socket dan juga spigot yang bentuknya seperti pipa. Sambungan tersebut juga memiliki sifat yang kedap air sehingga sangat cocok digunakan untuk pembangunan konstruksi pengairan.

Pemasangan Box Culvert

Cara pemasangan dari box culvert juga sangat mudah dibandingkan dengan beton jenis lainnya. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menggali lahan sesuai dengan keperluan dan juga dilakukan pelapisan tanah dengan material yang tidak kasar. Tujuannya adalah untuk menghindari pergeseran tanah yang bisa terjadi. Selanjutnya adalah dengan pemasangan box culvert di bagian yang telah dilapisi dan dipasang sejajar atau sebaris rapi. Pemasangan dari majalah ini tentunya harus dilakukan dengan hati-hati gunakan alat berat sesuai dengan ketinggian, kelurusan dan juga kemiringan.

Fungsi Box Culvert

Ada banyak fungsi yang dimiliki oleh box cover ketika penerapannya. Memilih material box culvert merupakan pilihan yang tepat terutama bagi pembangunan gorong-gorong dalam skala besar karena material ini memang diciptakan pembangunan gorong-gorong. Berikut ini fungsi dari box culvert.

  • Box culvert berfungsi sebagai material konstruksi bawah tanah untuk saluran air dan juga drainase. Tak hanya itu karena material ini juga dapat digunakan sebagai gorong-gorong kereta api, terowongan dan lain sebagainya.
  • Material yang sangat ketat terhadap air sehingga sangat cocok digunakan untuk konstruksi bawah tanah pertama pada saluran air.
  • Membantu untuk mempercepat proses konstruksi karena cukup efektif dan efisien mulai dari pemasangannya hingga biayanya.
0/5 (0 Reviews)