Pengertian, Manfaat, & Jenis Kanstin Beton

Untuk memberikan penanda atau pembatas pada sudut Area jalan umum biasanya para kontraktor mengaplikasikan produk beton yang di namakan kanstin. Manfaat utama dari kanstin adalah dijadikan sebagai alat untuk membedakan masing-masing bagian jalan. Dengan adanya pembatas jalan kanstin, para pengguna dapat memahami perbedaan jalur. Misalnya saja area trotoar yang ada pada Jalan Raya digunakan untuk tempat para pejalan kaki, sedangkan pelaju jalan digunakan untuk area lintas kendaraan bermotor, pada kedua sisi tersebut dibatasi oleh kanstin.

Pengertian & Definisi Kanstin

Kanstin adalah material beton yang digunakan untuk penanda antara laju jalan maupun trotoar di mana keduanya dibedakan atas ketinggian dan desain kanstin tertentu. Tak hanya digunakan untuk keperluan Jalan Raya saja, kanstin bisa dipakai untuk keperluan area taman, dimana ketinggian dari level tanah dan area trotoar dibedakan dengan sebuah pembatas kanstin. Kanstin beton juga sering disebut dengan nama lain kerb.

Untuk orang awam dalam dunia konstruksi belum mengetahui apa itu kanstin. Kanstin adalah bahan material beton yang dibuat secara khusus dari campuran beton dengan bentuk-bentuk yang dapat diaplikasikan sebagai pembatas bahu jalan, pembatas taman dengan jalan, pembatas trotoar, dan masih banyak lagi.

Kami merupakan pabrik beton yang menawarkan produk kanstin berkualitas, dengan beragam model: Kanstin Taman, Kanstin Trotoar, Kanstin DKI, Kanstin Tipe S, Kansti Car Stopper, dan masih banyak lagi jenis lainnya. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut terkait pemesanan produk.

Manfaat & Fungsi Kanstin

Produk beton kanstin memiliki banyak manfaat yang dapat diterapkan untuk kebutuhan infrastruktur jalan raya. Ada banyak sekali pengapliakasian kanstin yang bisa anda terapkan sesuai kebutuhan proyek jalan yang sedang dibangun, diantaranya:

  • Kanstin mempermudah pekerjaan para kontraktor dalam membentuk sudut berdasarkan perencanaan desain yang telah ditentukan.
  • Kanstin beton dapat dipakai sebagai kunci susunan paving block atau conblock.
  • Kanstin dapat dijadikan material untuk mencegah terjadinya pergeseran paving block dan conblock.
  • Kanstin digunakan untuk pembatas antara lajur satu dengan lajur area jalan lainnya.
  • Kanstin beton dapat memudahkan aliran air masuk ke dalam saluran drainase.
  • Menggunakan kanstin, dapat menjadikan area badan jalan tampak rapi dan lebih bersih.

Ragam Kanstin Menurut SNI 2442 – 2008

Pabrik beton sekarang ini telah memproduksi kanstin dengan beragam jenis type model bentuk dan ukuran yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Kanstin tersedia dengan level ketinggian yang berbeda jadi ada bisa menyesuaikannya. Bahkan bentuknya tidak melulu hanya persegi, ada juga betuk kanstin yang seperti trapesium.

Berikut adalah daftar jenis-jenis model kanstin yang sesuai dengan standar SNI 2442-2008 dan banyak dipakai untuk kebutuhan infrastruktur pembangunan di Indonesia.

Kanstin Beton Tegak

Jenis kanstin beton tegak ini terdiri atas dua jenis, yakni kastin tegak yang menggunakan bahan horizontal dan jenis kastin tegak yang tidak menggunakan bahan horizontal. Anda dapat melihat bentuk ini dilihat dari sisi samping memiliki bentuk seperti persegi panjang dan pada bagian permukaan atasnya kanstin beton tegak ada tambahan komponen yang menghadap ke depan. Komponen ini merupakan bantalan dengan sudut tegak lurus. Jika dilihat dari samping, kanstin beton memiliki kesan seperti segitiga yang terpancung.

Dalam pengaplikasiannya, kanstin memiliki komponen bukaan dimana ia memiliki sebuah inlet yang dapat terhubung pada drainase jalan umum. Ukuran dari kanstin ini sekitar 300 cm * 150 cm diletakkan pada bagian horizontalnya.

Jenis kanstin beton tegak tanpa bahan horizontal juga memiliki inlet yang serupa. Hanya saja, inlet ini ditambahkan pada bagian depan bawah kanstin dan memiliki fungsi untuk mengarahkan aliran air menuju ke saluran parit.

Jenis kanstin beton tegak banyak diaplikasikan untuk kebutuhan berbagai macam proyek berjalan. Karena memiliki bentuk model yang beragam, pihak pabrik memberikan istilah-istilah umum untuk menamai kesempatan sendiri agar lebih mudah dalam proses pemesanan konsumen. Seperti contohnya, kanstin parkir, kanstin taman, kanstin trotoar, dan masih banyak sebutan lain. Karena dibuat dengan ukuran lebar tinggi yang berbeda, anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan proyek jadi lebih efisien.

Kanstin Beton Miring

Jenis kanstin beton miring memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan tipe tegak horizontal. Hanya saja, yang membedakan keduanya adalah posisi tegak kanstin beton ini adalah terpancung miring. Banyak dinding bendungan sungai di Indonesia yang menggunakan jenis kanstin beton ini. Model kanstin beton miring tersedia dengan 2 ragam jenis, yaitu kanstin yang memakai inlet dan tidak memakai inlet. Ukuran panjang dan lebar yang dimiliki oleh kanstin beton miring hampir sama. Fungsi dari kanstin beton yang menggunakan inlet adalah untuk mengarahkan air menuju saluran drainase. Salah satu produk kanstin beton miring adalah tipe kanstin s, ia banyak digunakan untuk keperluan proyek saat ini.

Kanstin Beton Peninggi

Jenis kancil ini digunakan untuk membedakan ketinggian permukaan tanah yang satu dengan yang lain. Bentuk dari kanstin peninggi lebih rendah dan agak landai jika dibandingkan dengan bagian lainnya. Pengaplikasian kanstin peninggi dimanfaatkan untuk kebutuhan area taman, perumahan mewah, taman umum yang biasanya ada di perkotaan.

Kanstin Beton Penghubung

Jenis kanstin beton ini adalah model kanstin beton yang dipakai untuk menghubungkan kanstin satu dengan lainnya. Tidak hanya dapat digunakan untuk menghubungkan jenis kanstin sejenis saja, kanstin penghubung dapat menyatukan beragam model desain kanstin. Anda dapat memanfaatkannya untuk menghubungkan kanstin miring dan kanstin peninggi, peninggi biasanya di hubungkan dengan kanstin tegak dan masih banyak lagi lainnya. Jadi untuk jenis kanstin beton penghubung telah dibuat denan beragam tpe model dengan bentuk yang berbeda tergantung kebutuhan apa yang hendak dihubungkan.

Jika anda sedang membutuhkan produk kanstin beton dengan beragam model desain spesifikasi yang beragam, silahkan hubungi kami pada kontak yang telah tersedia. Kami adalah pabrik beton precast yang menawarkan produk kanstin dengan beragam tipe model dapat anda pesan sesuai kebutuhan. Kanstin beton yang kami buat tersedia dengan mutu beton K350 yang terjamin kualitasnya.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *