Pengertian, Sifat & Cara Pemasangan Tiang Listrik

Tiang utilitas atau tiang listrik memiliki pengertian yaitu sebuah tiang yang dimanfaatkan untuk menopang kabel jaringan utilitas yang contohnya seperti jaringan listrik, kasi penerangan jalan, telepon, dan lain sebagainya. Tiang utilitas atau tiang listrik ini banyak orang yang menyebutnya dengan sebutan tiang listrik di bandingkan dengan tiang utilitas.

Pada umumnya tiang utilitas atau tiang listrik ini dibuat dari bahan material besi tetapi juga ada yang terbuat dari beton cetak. Pada  tahun 1816 tiang utilitas atau tiang listrik ini pertama kali digunakan untuk menyalurkan jaringan telegraf listrik yang ditemukan oleh orang yang bernama Sir Francis Ronalds. Beliau dapat membangun jaringan kabel sepanjang 8 mil di Negara Inggris.

Apabila anda membutuhkan tiang listrik beton, anda dapat membelinya produk tersebut di kami, anda bisa  menghubungi langsung di kontak kami yang telah tersedia di laman website kami atau anda juga bisa mengunjungi halaman web kami. Kami tidak hanya melayani produk tiang utilitas atau tiang listrik saja, produk lain yang kami sediakan adalah kanstin, road barrier, U Ditch, box culvert, Pipa Beton, Pagar Panel, Sheet Pile Beton, Tiang Pancang dan masih banyak lagi produk yang kami sediakan. Produk kami adalah produk yang terbaik yang terbuat dari bahan yang berkualitas dan juga didukung dan juga diawasi oleh tenaga kerja yang ahli atau profesional di dalam bidangnya. Kami siap melayani Anda selama 24 jam Dalam 7 Hari penuh. Kami juga melayani pengiriman produk kami hingga ke seluruh wilayah Indonesia, terutama wilayah jabodetabek.

Sifat dari Tiang Listrik Berdasarkan Bahan

Tiang listrik tersebut terbuat dari bahan-bahan yang berupa kayu, baja, juga beton bertulang. Berikut akan kami Jelaskan mengenai sifat-sifat tentang tiang utilitas atau tiaang listrik berdasarkan bahan pembuatannya:

  1. Sangat diperlukan proses pengawetan bagi tiang utilitas atau tiang listrik yang dibuat dari bahan kayu agar lebih tahan lama karena bahan kayu tersebut dapat mengalami pembusukan.
  2. Mempunyai kekuatan mekanik yang sangat tinggi adalah salah satu sifat dari tiang utilitas atau tiang listrik yang terbuat dari baja. Namun tiang utilitas atau tiang listrik jenis ini juga memiliki kekurangan, kekurangan dari tiang tersebut yaitu mudah terkena korosi dan juga harganya yang relatif mahal, maka dari itu banyak masyarakat yang lebih memilih tiang utilitas atau tiang listrik yang terbuat dari beton untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dan juga tiang baja ini memiliki sifat-sifat lain di antaranya yaitu mempunyai ukuran yang lebih kecil daripada tiang utilitas atau tiang listrik kayu ataupun beton, tetapi pemeliharaan tiang listrik yang mahal menjadikan orang malas untuk menggunakan tiang utilitas atau tiang listrik ini.
  3. Kebanyakan orang pasti lebih memilih tiang utilitas atau tiang listrik yang dibuat dari bahan. Karena tiang utilitas atau tiang listrik jenis ini memiliki banyak sekali kelebihan diantaranya adalah mempunyai umur yang lebih panjang atau tahan lama, mudahnya proses perawatan tiang tersebut, harga tiang listrik juga yang terjangkau.

Manfaat Tiang Listrik Bagi Kehidupan

Tiang utilitas atau tiang listrik ini mempunyai banyak sekali manfaat bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari jika dilakukan dengan pemasangan dan penggunaan yang baik dan tepat. Di bawah ini adalah fungsi dari tiang utilitas atau tiang listrik.

  1. Anda juga dapat melihat dengan jelas dan dapat menikmati malam hari yang indah dengan adanya lampu yang bersumber dari listrik PLN tersebut. Untuk penerangan saat malam hari adalah salah satu fungsi dari tiang utilitas atau tiang listrik tersebut.
  2. Dengan adanya media untuk menopang listrik maka akan sangat berguna untuk setiap manusia agar dapat melakukannya sehari-hari. Karena tiang utilitas atau tiang listrik ini berfungsi sebagai sumber energi untuk kehidupan manusia seperti contohnya dapat mengoperasikan dan bekerja seperti televisi, setrika, kulkas  penanak nasi, dan lain sebagainya.

Cara Pemasangan Tiang Listrik

BI/hal Cap foto Eds 260311 wd File:4listrik 1 BISNIS/WAHYU DARMAWAN TAMBAHAN PENDAPATAN: Tiga petugas PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyiapkan pemasangan jaringan kabel listrik baru, di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (25/03). Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun mengatakan ada tambahan pendapatan sekitar Rp90 miliar per bulan dari penambahan daya listrik secara gratis bagi pelanggan golongan 450 VA atau 900 VA yang berpindah jadi 1.300 VA atau 2.200 VA. Jumlah pelanggan yang menambah daya baru hingga saat ini mencapai 41.000 dari target dua juta pelanggan.

Anda harus menyesuaikan penggunaan tiang utilitas atau tiang listrik dengan situasi di sekitar. Pada saat ini, kebanyakan orang akan lebih memilih menggunakan tiang utilitas atau tiang listrik yang terbuat dari beton karena tiang listrik jenis ini menggunakan kabel RTC yang pastinya akan lebih aman untuk digunakan daripada jaringan instalasi. Di bawah ini adalah metode metode dari  pemasangan tiang utilitas atau tiang listrik.

Sebelum anda melakukan pemasangan tiang listrik tersebut maka anda perlu menyiapkan bahan-bahan seperti dibawah ini terlebih dahulu :

  1. Linggis
  2. Bor tanah
  3. Cangkul papan atau Penantian
  4. Tali
  5. Tiang listrik
  6. Breakout
  7. Bengkol klem
  8. Baut
  9. Isolator
  10. Kawat schoor

Langkah-langkah Pemasangan Tiang Listrik

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum memasang tiang utilitas atau tiang listrik beton adalah tanah dengan kedalaman seperenam dari panjang tiang tersebut. Selanjutnya adalah membuat ring dengan kemiringan lubang yang sebesar 45, lalu memasang plat besi atau papan sepanjang siring dan tarik ke arah depan Siring. Setelah tiang tersebut tegak atau  lurus, maka anda harus mengangkatnya tiang tersebut secara bersamaan. Selanjutnya tarik papan tersebut dari lubang tiang. Metode yang terakhir adalah Anda harus menimbun lubang tersebut dengan sebaik mungkin.

Apabila anda membutuhkan tiang listrik beton, anda dapat membelinya produk tersebut di kami, anda bisa  menghubungi langsung di kontak kami yang telah tersedia di laman website kami atau anda juga bisa mengunjungi halaman web kami. Anda bisa mempercayakan semua kebutuhan bangunan Anda kepada kami ,karena kami adalah perusahaan yang terpercaya dan terbaik selama bertahun-tahun oleh masyarakat dengan produk yang berkualitas serta harga yang relative murah.

Kami tidak hanya melayani produk tiang utilitas atau tiang listrik saja, produk lain yang kami sediakan adalah kanstin, road barrier, U Ditch, box culvert, Pipa Beton, Pagar Panel, Sheet Pile B, Tiang Pancang dan masih banyak lagi produk yang kami sediakan. Produk kami adalah produk yang terbaik yang terbuat dari bahan yang berkualitas dan juga didukung dan juga diawasi oleh tenaga kerja yang ahli atau profesional di dalam bidangnya. Kami siap melayani Anda selama 24 jam Dalam 7 Hari penuh. Kami juga melayani pengiriman produk kami hingga ke seluruh wilayah Indonesia, terutama wilayah jabodetabek.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *