Bagaimanakah Penggunaan Road Barrier Beton pada Teknik Sipil?

Sudah tidak asing lagi jika penggunaan road barrier beton merupakan salah satu komponen yang paling banyak dijumpai di jalan raya. Khususnya pada jalan-jalan dituntut untuk mempermudah akses para penggunanya jika terjadi kemacetan. Sehingga para pengendara Dapat melewati jalur lain yang sudah disediakan oleh pemerintah setempat. Saat ini telah beragam jenis road barrier yang tersebar di pasaran. Ada yang menggunakan road barrier plastik dan road barrier fiber. Masing-masing road barrier tersebut kelemahan dan keunggulan yang berbeda-beda. Untuk lebih tahu selengkapnya simak ulasan berikut ini.

Road Barrier Beton

Penggunaan beton sebagai road barrier dinilai lebih efektif dalam menekan jumlah pelanggaran lalu lintas. Sebab road barrier memiliki tingkat kekuatan yang sangat mumpuni jika dibandingkan dengan road barrier jenis lain. Bagaimana tidak? Road barrier beton menggunakan bahan baku berupa semen cor yang sudah dicetak sedemikian. Sehingga sangat kuat meskipun terkena hantaman mobil apabila terjadi kecelakaan. Untuk pemesanan road barrier beton kualitas silakan hubungi PT. Megacon Bangun Perkasa.

Road Barrier Plastik

Penggunaan road barrier plastik ini sudah semakin banyak ditemukan di jalanan. Keunggulan yang terdapat pada pembatas jalan ini adalah beban yang ringan sehingga mudah untuk dipindahkan. Apabila road barrier membutuhkan bobot berat agar tidak mudah bergeser, maka penggunaannya cukup menuangkan air dan semen agar strukturnya lebih kuat. Secara umum, road barrier plastik tersedia di pasaran dengan ukuran 100 cm * 80 cm * 48 cm dengan kapasitas 500 liter semen, air atau pasir.

Road Barrier Fiber

Merupakan salah satu pembatas jalan yang dirancang secara futuristik. Hari ini sangat tahan terhadap cuaca ekstrem mulai dingin hingga panas. Tak heran jika warna yang menempel pada pemancar jalan tersebut sangat tahan untuk pudar, berkas konstruksinya tidak mudah rapuh. Road barrier umumnya memiliki warna merah ditambah dengan lembaran listrik reflector. Fungsinya adalah untuk mempermudah para pengendara untuk memperhatikan adanya pembatasan jalan jika malam hari tiba. Sama halnya dengan road barrier plastik, pada road barrier ini juga dapat diisi dengan air bagian dalamnya.

Road Barrier Beton

Penggunaan road barrier beton pada bidang sipil berfungsi untuk membantu sebagai penanda jalan apabila terjadi perbaikan konstruksi jalan tol, proses pelapisan aspal pada jalan dan masih banyak lagi. Di lain sisi road barrier pun juga berperan untuk menunjukkan jalan alternatif apabila jalan utama telah ditutup dan tidak boleh dilewati. Dengan demikian maka penggunaan road barrier beton pada teknik sipil benar-benar untuk mempermudah para pekerja yang ada di jalan untuk mengatur arah pengendara mobil maupun motor. Adapun beragam kelebihan yang dimiliki dari dua deretan ini, diantaranya:

Material Lebih Kuat

Cobalah Anda bandingkan antara road barrier jenis plastik dan fiber, tentu saja material beton memiliki tingkat kekuatan yang lebih mumpuni. Penerapan road barrier beton sebagai pembatas jalan benar-benar karena tidak mudah bergeser meskipun terjadi ancaman keras dan usia penggunaannya jauh lebih lama.

Material Lebih Awet

Seperti yang disinggung pada poin sebelumnya, dimana road barrier beton memiliki kekuatan yang lebih unggul jika dibandingkan dengan road barrier yang lainnya. Wajar jika usia pemakaian nya bisa melebihi 25 tahun, hampir sama dengan dua kali lipat umur road barrier plastik maupun fiber.

Proses Perbaikan Jauh Lebih Singkat

Apabila terjadi sebuah insiden kecelakaan atau hal-hal yang menyebabkan kerusakan pada material beton, maka anda hanya mengganti bagian yang rusak saja. Tanpa harus membeli yang baru.

Pembatas Jalan Lebih Aman

Sudah menjadi hal yang lazim apabila keselamatan merupakan prioritas utama berkendara. Tak terkecuali dengan material beton yang mana berfungsi sebagai pembatas jalan paling aman, karena tidak mudah bergeser ketika terjadi hantaman.

Demikian ulasan seputar fungsi atau penggunaan road barrier pada bidang sipil. Semoga dapat mencerahkan wawasan anda dalam hal infrastruktur khususnya konstruksi jalan. Apabila Anda membutuhkan road barrier dan berkualitas, silahkan hubungi di nomor yang sudah kami sediakan pada situs ini.

Kami berkomitmen untuk menyediakan produk-produk beton berkualitas tinggi demi menjamin tingkat keselamatan dan kepercayaan para konsumen. Anda tidak perlu ragu dengan kualitas kami, sebab kami telah didukung oleh sejumlah tenaga kerja yang ahli dan berkompeten di bidangnya. Jangkauan pengiriman kami meliputi seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua. Jadi tunggu apalagi? Segera pesan road barrier beton pada kami sekarang juga!  

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *