Sejarah Pengaplikasian Kanstin Beton di Indonesia

Saat ini mungkin anda telah banyak mendengar istilah populer dari kanstin yaitu sebuah pembatas beton yang ada di pinggiran jalan. Kanstin juga sangat dibutuhkan untuk memisahkan antara Area jalan dan juga area lainnya. Kanstin sangat banyak kita temui di sepanjang jalan sebagai tempat untuk pejalan kaki maupun untuk area taman. Kanstin sendiri sudah banyak digunakan sejak zaman dahulu yaitu tepatnya pada masa kerajaan Pompeii kuno dan saat ini semakin berkembang pesat hingga muncul berbagai bentuk dari kanstin yang dapat ditemukan di pasaran dan tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Dengan adanya kemunculan dari kanstin ini maka menandai bahwa dari kemajuan peradaban manusia proses pembangunan keindahan kota semakin berkembang. Seperti yang kita lihat dan kita temui di sepanjang jalan kota London pada abad pertengahan nya atau tepatnya pada tahun 1766 yang mana sebuah lajur khusus dapat dilewati oleh pejalan kaki yang berada di sekitaran gedung bernama East India house.

Lajur tersebut dibuat secara terpisah untuk dilewati oleh pejalan kaki yang ada di sekitaran gedung dan menggunakan 6 pilar pipa besi. Dengan semakin berjalannya peradaban maka hal tersebut semakin ditinggalkan dan diganti dengan material yang paling baru dan hingga sampai saat ini material tersebut masih digunakan yaitu mengaplikasikan kanstin Atau juga biasa disebut dengan kerb.

Kanstin juga memiliki peran dan fungsi yaitu salah satunya untuk pemisah antara badan jalan dengan pinggir jalan. Kegunaan kanstin lainnya yaitu sebagai pencegah kendaraan untuk naik ke atas trotoar di saat terjadi keadaan macet di jalan yang mana hal tersebut dapat kita lihat sebagai pelanggaran lalu lintas. Kanstin yang berjajar juga dapat membantu untuk memperbaiki struktural pada tepi trotoar agar terlihat lebih rapi ketika dipandang.

Selain itu Kanstin juga dapat mengarahkan aliran air banjir dari badan jalan menuju ke gorong-gorong. Dengan kemunculan dari kanstin ini maka sangat banyak sekali digunakan pada pembangunan jalan yang ada di sekitaran kota dan juga biasanya kita temukan pada pinggiran-pinggiran daerah.

Tipe Kanstin Menurut Standar Nasional Indonesia

Saat ini terdapat beberapa tipe dari kanstin yang sering kita temui dan juga saat ini tengah banyak dijual di pasaran. Kanstin tersebut dapat diklasifikasikan berdasarkan dengan ukuran ataupun level ketinggian. Biasanya juga bentuk dari kanstin tersebut yaitu persegi panjang namun terdapat pula bentuk trapesium pada sisi sampingnya.

Berikut ini merupakan tipe dari kanstin yang dapat dilihat dan berdasarkan juga pada SNI nomor 2442-2008:

  • Kanstin beton peninggi
  • kanstin beton tegak
  • kanstin beton miring
  • Kanstin beton penghubung

Jenis-jenis Kanstin di Indonesia

Karena semakin tingginya mobilitas dan juga peradaban yang ada maka juga muncul sebuah inovasi terbaru dari varian kanstin beton yang ada di Indonesia. Pantai buatan ini juga banyak digunakan pada pembangunan infrastruktur publik. Kanstin juga dapat kita temui dengan sangat mudah pada sekitaran jalan yang ada di daerah atau di kota-kota.

Berikut ini beberapa jenis kanstin yang bisa anda ketahui dan bisa anda gunakan pada pembangunan yang sedang anda lakukan:

  • Kanstin taman
  • Kanstin DKI
  • Car Stopper / Kanstin Parkir
  • Kanstin Lubang Air
  • Kanstin Jepit
  • Kanstin Trotoar

Masing-masing dari kanstin tersebut memiliki spesifikasi khusus dan dapat dilihat dari ukurannya yang berbeda-beda. Begitu juga dengan tingkat keretakan yang dimiliki dari kanstin tersebut tentunya berbeda juga. Sama halnya dengan jalan khusus untuk kendaraan bermotor yang melintasi dari tempat tinggi Maka kanstin yang digunakan pun berbeda dengan kanstin yang digunakan pada jalan yang dilewati oleh kendaraan yang volume sangat rendah.

Kanstin sendiri dapat dibuat dari komposisi material karet heavy-duty seperti aspal dan juga beton. Namun kanstin yang kita produksi ini merupakan karya beton bermutu tinggi yang berkualitas dan dibuat dari bahan terbaik dan disesuaikan dengan standar pembuatan kanstin beton mutu tinggi.

Berikut ini beberapa dimensi dari kanstin beton yang bisa anda jadikan pilihan untuk sebuah proses pembangunan yang sedang anda lakukan saat ini:

  • Panjang 40 cm x lebar 15 cm x tinggi 28 cm
  • Panjang 60 cm x lebar 18 cm x tinggi 25 cm
  • Panjang 60 cm x lebar 22 cm x tinggi 25 cm

Manfaat Kanstin Beton

Ini banyak sekali kita temukan manfaat langsung dari penggunaan karet beton yang dapat kita rasakan pada sebuah bangunan yang menggunakannya. Tidak hanya bangunan namun banyak sekali infrastruktur jalan yang menggunakan kain beton sebagai material utama dalam pembangunan. Manfaat tersebut diantaranya yaitu:

  1. Penerapan kanstin beton untuk sebuah pembangunan membutuhkan waktu yang cukup singkat karena tidak terlalu sulit dalam pemasangannya
  2. Memerlukan finishing pada bagian permukaan nya saja tanpa perlu finishing pada bagian samping sampingnya
  3. Harga kanstin yang terjangkau jika dibandingkan dengan beton lainnya
  4. Hasil dari pemasangan yang tentunya maksimal dan memiliki kesan rapi, teratur, dan indah.

Dengan mengetahui hal-hal seperti yang telah disebutkan di atas, maka anda pastinya dengan mudah memilih kanstin mana yang cocok diaplikasikan pada bangunan anda. Tentunya dari setiap kanstin yang ada memiliki spesifikasi seperti ukuran yang berbeda-beda yang tergantung dengan kebutuhan.

Jika Anda saat ini sedang membutuhkan kanstin beton berkualitas maka anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah kami sediakan. Karena kami merupakan pabrik beton yang menyediakan berbagai macam jenis kanstin beton dengan berbagai macam ukuran yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *