Spesifikasi Sheet Pile dalam Konstruksi

Sheet pile merupakan produk beton precast yang berbentuk seperti dinding turap vertikal berfungsi sebagai konstruksi penahan tanah. Material ini banyak digunakan dalam wilayah yang sering mengalami bencana alam longsor sebagai alat perkuatan lereng atau timbunan lereng terbatas yang membutuhkan penegak. Selain hal itu, pemanfaatan sheet pile dalam konstruksi juga bisa dipakai sebagai:

  1. Dinding dermaga
  2. Dinding penahan tanah untuk tebing jalan raya dan sungai
  3. Dinding penahan galian

Sheet pile beton memiliki banyak kelebihan dibandingkan jenis kayu atau baja, material beton harganya lebih murah, lebih mudah dipasang, dan ketahanannya yang lama. Meskipun tidak bisa digunakan untuk penopang pada gedung dinding yang tinggi, sheet pile beton bisa digunakan untuk menahan dinding yang strukturnya keras dan permanen.

Dimensi ukuran sheet pile beton bermacam-macam, lebarnya sekitar 500 – 800 mm dengan ketebalan 150 – 120 mm. Proses pemancangan sheet pile dapat dilakukan dengan mudah karena desain yang ia miliki pada bagian bawah turap meruncing.

Sebelum memesan produk sheet pile beton ini, ketahui dulu bagaimana kondisi konstruksi yang dibutuhkan. Sheet pile mempunya 2 tipe yang dibedakan berdasar bentuk dan pengaplikasiannya, yaitu flat sheet pile dan corrugated sheet pile. Masing-masing tipe sheet pile ini memiliki kelebihan:

  1. Dibuat dengan kualitas tekan beton yang tinggi
  2. Harga ekonomis dan awet
  3. Mudah dalam pemasangan dan pemindahan
  4. Sheet pile anti korosi dan lapuk
  5. Daya tahan sheet pile bisa sampai berpuluh-puluh tahun

Nah, berikut adalah gambaran spesifikasi sheet pile dalam kebutuhan konstruksi

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *