Teknologi Konstruksi Jembatan

Teknologi konstruksi merupakan teknologi yang dimanfaatkan untuk keperluan sarana dan prasarana. Banyak sekali hasil akhir yang diperoleh dari teknologi konstruksi, misalnya saja bangunan rumah, jembatan, jalan dan lain sebagainya.

Salah satu hasil konstruksi yang memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia adalah jembatan. Jembatan mulai dikenal pada zaman prasejarah, walaupun saat itu jembatan hanya terbuat dari kayu yang disilangkan. Dari tahun ke tahun konstruksi jembatan mengalami perkembangan. Perkembangan ini dapat dilihat karena bahan material yang digunakan terlihat menonjol, dari yang menggunakan kayu kini memanfaatkan produk beton. Beton yang dimanfaatkan untuk konstruksi jembatan sudah dikenal kuat, kokoh dan tahan lama.

Material beton yang siap pakai untuk kebutuhan jembatan skala kecil / gorong-gorong yaitu produk beton precast u ditch. Sedangkan material beton precast yang dimanfaatkan untuk kebutuhan jembatan skala besar yaitu box culvert. Tentunya demi menunjang perkembangan konstruksi jembatan ini, perusahaan kami juga memproduksi u ditch dan box culvert dari pabrik dengan kualitas kontrol terbaik.

Teknologi Konstruksi Jembatan Beton Bertulang

Jembatan bertulang merupakan sistem geosintetik terpadu di dalam tanah hingga ia termasuk kategori cara yang inovatif untuk mengurangi biaya pembangunan jembatan dan menghemat waktu. Di dalam pembangunan jembatan bertulang ini terdapat tiga komponen utama, yaitu pondasi tanah bertulang, pendekatan terpadu, dan komponen sekunder. Ketiga komponen ini bergantian saling mengisi granular yang dipadatkan dan penguatan geosintetik untuk memberi dukungan pada jembatan.

Bahkan dengan memanfaatkan teknologi beton bertulang, jembatan yang dihasilkan memiliki transisi yang mulus, sehingga jarak antara jalan dan jembatan ini tanpa memerlukan adanya sambungan sambungan. Proses pengerjaan jembatan bertulang tidak membutuhkan waktu yang lama, bahkan bisa selesai hanya dalam hitungan minggu.

Teknologi Baru Untuk Memperbaiki Konstruksi Jembatan

Jembatan ke dalam kategori sistem transportasi tertua yang ada di dunia. Sebab pemanfaatan jembatan sendiri sudah ada sejak zaman prasejarah dan masih banyak jembatan di dunia yang belum mengalami perkembangan, banyak kondisi jembatan yang rusak dan perlu untuk diganti. Dengan memperbaiki konstruksi jembatan, tentu akan memberikan dampak sosial positif terhadap mobilitas dan keselamatan.

Walaupun begitu, perlu adanya manajemen konstruksi yang tepat dalam perbaikan jembatan. Akan terjadi penyimpangan lalu lintas akibat hilangnya jembatan selama konstruksi berjalan, dan hal ini dapat menambah biaya sebenarnya dari struktur itu sendiri. Terlebih lagi jika jalur jembatan tertutup tersebut berada di pusat kota dengan volume lalu lintas yang tinggi. Maka dari itu disarankan bagi Anda yang sedang ingin membangun konstruksi jembatan baru, lakukan proyek konstruksi jembatan ini dengan tepat untuk berbagai pertimbangan. Memanfaatkan material u ditch dan box culvert bisa menjadi solusi terbaik karena pemasangannya yang mudah dan praktis.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *