Tipe Jenis Pipa Beton / Buis Beton Pracetak Terbaik

Pipa beton juga memiliki fungsi utama yaitu sebagai penyalur air dan sebagai tempat laju air dari satu tempat ke tempat lainnya. Pipa beton juga dapat digunakan sebagai lapisan pada sumur resapan, selain itu juga dapat digunakan sebagai material utama dalam pembuatan gorong-gorong yang ada di bawah tanah ataupun aspal.

Pipa beton juga memiliki tampilan yang serupa dengan beton Precast lainnya seperti box culvert dan juga u dith. Perbedaan dari masing-masing jenis beton pracetak tersebut terlihat dari bentuknya dan dari desain nya. Pipa beton memiliki wujud seperti tabung panjang.

Manfaat Komponen Pipa Beton


Ada beberapa manfaat dari penerapan komponen pipa beton sebagai material pembangunan. Manfaat dari penggunaan kecepatan ini dapat dirasakan langsung jika diaplikasikan pada pembangunan infrastruktur saluran air yang ada di Indonesia. Manfaat tersebut diantaranya yaitu:

  • Pipa beton dapat mempermudah proses instalasi saluran air atau drainase
  • Pipa beton dapat mempersingkat waktu pengerjaan instalasi saluran air
  • Dapat menampung aliran air dalam volume yang banyak
  • Pipa beton dapat menahan beban berat yang berasal dari bagian luar pipa
  • Pipa beton memiliki kelebihan anti retak
  • Pipa beton sangat cocok digunakan untuk sistem drainase dan pemasangan saluran air lainnya.

Macam-macam Pipa Beton yang Umum di Pasaran

Dibawah ini merupakan tipe dan juga jenis dari pipa beton yang dapat dikategorikan sikap berdasarkan 3 kriteria yaitu diantaranya:

Produk Pipa Beton Berdasarkan Bahan Produksi

Saat ini pipa beton yang dapat kita temui dengan mudah di pasaran berbahan dasar dari semen ataupun beton yang dibuat melalui proses pencetakan khusus. Jadi dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan saluran air dan juga drainase. Pipa beton juga dapat diklasifikasikan menjadi dua golongan diantaranya yaitu pipa beton yang menggunakan pasir sebagai material tambahan dan juga pipa beton yang tidak menggunakan pasir yang digantikan oleh semen.

Pipa beton juga mengandalkan komposisi semen sebagai material utama yang merupakan material lebih kuat. Maka dari itu air akan sulit untuk meresap ke dalam celah celah pipa beton yang sudah dipasang. Pipa beton bersemen seringkali dimanfaatkan untuk pembangunan gorong-gorong dan saluran drainase. Sementara itu pipa beton yang menggunakan material pasir dan tanpa semen biasanya digunakan untuk sumur resapan yang memiliki fungsi utama yaitu menyerap air dari celah-celah tanah.

Produk Pipa Beton Berdasarkan Wujud

Saat ini ini tidak sedikit produsen dari pipa beton yang menyediakan pilihan beton sesuai dengan kebutuhan. Yaitu diantaranya pipa beton yang memiliki bentuk lingkaran penuh dan pipa beton yang memiliki bentuk setengah lingkaran. Kedua jenis dari kepadatan tersebut dapat diterapkan dan dipasang secara benar dan sesuai prosedur sehingga dapat berfungsi dengan sebagaimana mestinya.

Sebagai contoh pipa beton yang memiliki wujud lingkaran penuh biasanya digunakan pada sumur resapan sebagai pelapis. Sementara itu untuk pipa beton yang memiliki bentuk atau wujud setengah lingkaran biasanya digunakan untuk gorong-gorong sebagai fungsi memperlancar kinerja drainase.

Pipa beton yang memiliki bentuk lingkaran dapat digunakan untuk berbagai macam proyek infrastruktur yang memiliki skala penggunaan jauh lebih besar. Seperti halnya pemasangan pipa beton di bawah permukaan aspal jalan raya yang umumnya di lalui oleh kendaraan besar seperti truk ataupun trailer.

Produk Pipa Beton Berdasarkan Pemanfaatan Tulangan atau Rangka

Kini juga telah tersedia 2 macam produk pipa beton yang telah diklasifikasikan menurut pemanfaatan rangka yaitu sebagai berikut:

Reinforce concrete pipe, atau biasa disebut dengan RCP yaitu salah satu produk pipa beton yang memiliki ketahanan paling kuat untuk menanggung beban berat. Hal ini karena RCP memiliki sebuah kerangka bertulang atau tulangan yang memiliki kegunaan untuk menahan daya tekan dari permukaan agar beton tidak mudah retak atau pun Rapuh.

Non reinforce concrete pipe, atau biasa juga disebut dengan NRCP yang merupakan salah satu produk pipa beton yang didalamnya tidak memiliki pipa bertulang. Non Reinforced Concrete Pipe biasanya hanya sanggup untuk menahan beban yang ringan saja. Karena seperti namanya beton ini tidak memiliki rangka tulangan di dalamnya yang berfungsi sebagai penahan beban berat.

Jika beton tersebut tetap digunakan pada suatu bidang yang sangat membebani maka dikhawatirkan akan timbul kerusakan yaitu biasanya pipa beton cepat rapuh ataupun retak dan bahkan lebih buruknya lagi adalah 5 botol tersebut dapat roboh.

Ulasan di atas dapat anda jadikan referensi bagi Anda yang ingin membeli pipa beton dengan berbagai macam ukuran serta berbagai macam wujud dan dapat diaplikasikan pada pembangunan yang sedang anda lakukan. Anda bisa dengan mudah menemukan pipa beton berkualitas di sini dan perlu Anda ketahui bahwa kami memiliki pipa beton yang memiliki kualitas terbaik dengan mutu yang terjamin.

Pipa beton yang kami tawarkan untuk Anda dibuat dengan komposisi material bahan terbaik dan juga dicetak dengan teknologi canggih sehingga menjadikan pipa beton yang kami miliki merupakan produk terbaik yang telah banyak digunakan di berbagai macam infrastruktur yang ada di Indonesia.

Kami memiliki kualitas terbaik dengan harga terjangkau sehingga Anda tidak perlu berpikir dua kali untuk mendapatkan pipa beton yang anda inginkan. Segera hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pipa beton serta detail harga dari pompa beton yang kami jual. Kami akan siap sedia melayani anda dengan sepenuh hati.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *