Kupas Tuntas Keunggulan dan Kekurangan Penggunaan Road Barrier

Road barrier adalah sebuah motor saran yang sudah tidak asing lagi di telinga para kontraktor jalan. Fungsi dari road hari ini adalah untuk memberikan batasan kepada pengendara lain untuk tidak melintasi lajur khusus yang sudah disediakan. Dengan demikian, maka potensi kemacetan akan lebih berkurang.

Saat ini road barrier beton telah tersedia dalam aneka varian di toko-toko bangunan. Mulai dari road barrier plastik, fiber, hingga beton. Setiap jenis dari road barrier tersebut memiliki tingkat kekuatan yang berbeda-beda, sesuai dengan tingkat penggunaan. Berikut ini akan kami Uraikan beragam jenis road barrier beton yang paling umum banyak digunakan, diantaranya:

Road Barrier Fiber

Mengenalkan desain model yang futuristik, road barrier fiber seakan menjadi pilihan tersendiri bagi para kontraktor jalan karena tingkat kekuatannya yang mampu tahan terhadap cuaca panas maupun dingin. Bahkan pewarnaan di dalamnya tidak mudah rapuh dan tahan pudar.

Road barrier fiber rata-rata warna merah yang juga dilengkapi dengan lembaran reflektor. Kegunaan dari reflektor tersebut adalah untuk memudahkan para pengendara untuk mengamati sebuah pembatas jalan apabila mereka melintas di malam hari. Meskipun berbahan fiber, nyatanya road barrier ini dapat diisi dengan material air di bagian dalamnya.

Road Barrier Plastik

Penggunaan road barrier plastik ini sudah semakin marak di jalanan, bahkan beberapa toko pun kini banyak menyediakan pembatas jalan ini. Sifatnya yang aman praktis dan nyaman digunakan, membuat road barrier jenis plastik ini akan digemari oleh pengatur jalan dari waktu ke waktu. Pembatas jalan ini sangat mudah untuk dipindahkan.

Namun tidak tahan geser. Oleh karena itu dibutuhkan material air atau semen sebagai penambah berat atau stabilitas. Secara umum road barrier plastik mampu menampung 500 liter air, semen atau pasir dengan ukuran 100 cm * 80 cm * 48 cm.

Road Barrier Beton

Jenis road barrier terakhir yang paling banyak digunakan adalah road barrier beton. Tak heran jika penggunaan road barrier beton ini sudah melebihi dari pembatas jalan fiber dan juga plastik. Diyakini penggunaan road barrier fiber jauh lebih efektif dibandingkan keduanya. Hal ini bisa anda amati dari segi material bahan bakunya yang sudah menggunakan semen yang sudah dicor.

Oleh karena itu tidak sedikit para pengatur jalan di lapangan menyarankan menggunakan road barrier beton untuk pembatas jalan di jalan raya. Karena telah terbukti mampu menekan angka kecelakaan sekaligus kemacetan yang biasanya cenderung meningkat dari tahun ke tahun.

Mengulik Proses Pembuatan Road Barrier Beton

Bahan baku yang digunakan pada road barrier beton merupakan sekumpulan semen yang sudah dicat pada sebuah wadah khusus di pabrik beton precast. Penggunaan dari wadah khusus atau alat cetak tersebut adalah agar hasil produksi road barrier beton sesuai dengan mutu yang sama dan ukuran yang serupa.

Selepas melalui proses penuangan cor semen, selanjutnya road barrier dikeringkan agar tingkat kekuatannya lebih baik. Apabila anda tertarik untuk memesan road barrier beton berkualitas dari perusahaan terpercaya, maka segera hubungi kami pT megacon Bangun Perkasa. Kami akan menyediakan produk-produk terbaik dengan harga terjangkau.

Keunggulan Menggunakan Road Barrier Beton

Bagaimana kita singgung dalam ulasan sebelumnya, dimana road barrier beton terdiri dari material semen yang sudah di cor dengan sebuah cetakan. Secara otomatis, hal ini akan menimbulkan beragam keunggulan yang ditawarkan dari road barrier beton. Apa sajakah itu? Simak ulasan selengkapnya.

Material Lebih Kuat

Cobalah anda buat perbandingan antara road barrier fiber dan juga plastik, tentu saja akan Anda dapati perbedaan tingkat kekuatan yang begitu mencolok. Terlebih jika dibandingkan dengan road barrier beton. Tentu saja akan kalah jauh, lebih unggul penggunaan material beton sebagai pembatas jalan. Sebab road barrier beton mampu menahan hantaman dari kendaraan yang melaju dengan kecepatan rendah maupun sedikit cepat.

Tingkat Keawetan Lebih Teruji

Usia penggunaan road barrier plastik dan fiber mungkin hanya sekitar 10 tahun saja. Namun berbeda halnya dengan road barrier beton yang mampu bertahan hingga 25 tahun atau bahkan lebih dari itu jika tidak terjadi hantaman oleh kendaraan lain. Bisa dipastikan bahwa road barrier beton jauh lebih unggul daripada road barrier jenis lainnya.

Pembatas Jalan Paling Aman

Hal yang harus diutamakan dalam berkendara adalah keselamatan. Sejalan dengan prinsip tersebut maka penggunaan road barrier beton dinilai paling efektif dan efisien jika dibandingkan dengan road barrier jenis lainnya. Sebab road barrier ini tidak mudah bergeser meski terkena sedikit hantaman.

Proses Rekonstruksi Lebih Mudah

Hal-hal inginkan seperti kecelakaan atau cuaca ekstrem seringkali menyebabkan kerusakan pada komponen tertentu. Tak jarang anda pun harus membeli produk yang rusak tersebut karena sulit untuk diperbaiki. Berbeda halnya dengan road barrier beton ini, anda cukup memperbaiki beberapa bagian yang rusak saja, tidak perlu membeli pembatas jalan baru.

Memudahkan Proses Pengerjaan di Lapangan

Komponen ini juga memiliki keunggulan berupa mudah untuk digunakan dalam hal-hal tertentu. Seperti halnya para pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan, yang mana membutuhkan road barrier kokoh dan kuat agar pihak-pihak yang tidak berwenang tidak dapat melalui lajur yang sudah dikhususkan.

Kelemahan Road Barrier Beton

Meskipun road barrier beton diyakini memiliki banyak fungsi dan kelebihan, akan tetapi dibalik itu semua ada beberapa kelemahan yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Anda bisa memulainya dari pertimbangan berat kebutuhan yang disesuaikan dengan komponen material pada jalan, sebagaimana uraian berikut:

Road Barrier Beton Lebih Berat

Sudah menjadi hal yang lumrah apabila material yang kuat cenderung memiliki beban yang cukup berat. Sehingga dibutuhkan banyak tenaga kerja untuk memudahkan cara proses perpindahan road barrier beton dari satu titik ke titik berikutnya.

Harga Road Barrier Beton Lebih Mahal

Ada harga, ada barang. Peribahasa tersebut senada dengan produk road barrier beton yang kini sedang laris terjual di pasaran. Meski dijual dengan harga yang cukup mahal, road barrier beton tetap tidak Kehilangan para penggunanya, bahkan cenderung terus bertambah. Sebab pembatas jalan ini memiliki tingkat kekuatan yang lebih terjamin, anda pun tidak perlu membeli produk beton terbaru apabila terjadi kerusakan kecil.

Pengertian ulasan seputar sisi keunggulan dan kelemahan dari road barrier beton. Apabila Anda membutuhkan produk-produk beton modern pengaruh kualitas terbaik, silakan hubungi kami PT. Megacon Bangun Perkasa pada nomor nomor yang sudah disediakan di halaman situs ini. Dedikasi Kami adalah mempersembahkan pelayanan dan produk terbaik demi kepuasan para pelanggan. Dapatkan promo harga menarik dari kami, jika anda menghubungi sekarang juga.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *